EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Akhlak Santri yang Mondok di Pondok Pesantren Darul Ilmi Kota Banjarbaru

Mahfuz, Iqdam Najih (2019) Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Akhlak Santri yang Mondok di Pondok Pesantren Darul Ilmi Kota Banjarbaru. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (73kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (326kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (33kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi karena orang tua yang menyekolahkan di Ponpes dianggap sudah cukup untuk memberikan pendidikan kepada santri. Padahal itu tidak benar. Meskipun mondok di Ponpes seharusnya pendidikan dari orang tua juga tidak boleh diabaikan. Permasalahan dalam penelitian ini ada dua yaitu: (1)Peran orang tua dalam pembentukan akhlak santri yang mondok di Ponpes Darul Ilmi Kota Banjarbaru, (2) Faktor pendukung dan penghambat peran orang tua dalam pembentukan akhlak santri yang mondok di Ponpes Darul Ilmi Kota Banjarbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pembentukan akhlak santri yang mondok di Ponpes Darul Ilmi Kota Banjarbaru, Faktor pendukung dan penghambat peran orang tua dalam pembentukan akhlak santri yang mondok di Ponpes Darul Ilmi Kota Banjarbaru. Subjek penelitian ini adalah orang tua santri dan santri, sedangkan objek penelitian ini adalah peran orang tua dalam pembentukan akhlak santri yang mondok di Ponpes Darul Ilmi Kota Banjarbaru. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, klasifikasi data, dan interpretasi data. Kemudian dianalisis data tersebut dengan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa peran orang tua dalam pembentukan akhlak santri yang mondok di Ponpes Darul Ilmi kota Banjarbaru yaitu menjaga komunikasi, memberi pengarahan dan bimbingan terutama ketika santri berada dirumah, memanfaatkan waktu yang ada untuk memberikan arahan dan bimbingan serta memberi contoh yang baik bagi santri. Faktor pendukung dan penghambat peran orang tua dalam pembentukan akhlak santri yang mondok di Ponpes Darul Ilmi Kota Banjarbaru ialah faktor latar belakang pendidikan orang tua, yaitu pendidikan terakhir dari orang tua santri. Semakin tinggi latar belakang pendidikan orang tua maka akan semakin mudah untuk mendidik dan membimbing santri. Sedangkan orang tua yang sampai SMA/MA sederajat menginginkan agar anaknya lebih baik. Faktor lingkungan, yaitu pergaulan dengan teman dan masyarakat sekitar terhadap akhlak santri apakah mengarah ke positif atau negatif dikampung. Faktor waktu, yaitu ketersediaan waktu orang tua untuk memberikan arahan, bimbingan dan nasehat kepada santri.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Skripsi IQDAM NAJIH MAHFUZ
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:14
Last Modified: 22 Jul 2019 07:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12315

Actions (login required)

View Item View Item