EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Kumpulan Sajak "Badai Gurun Dalam Darah" Karya Ibramsyah Amandit

Nurhidayah, Nurhidayah (2019) Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Kumpulan Sajak "Badai Gurun Dalam Darah" Karya Ibramsyah Amandit. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (660kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (222kB)

ABSTRAK

Tasawuf merupakan sebuah cabang ilmu dalam Islam yang berorientasi pada spiritualitas dan lebih menitikberatkan pada aspek kerohanian dari pada aspek jasmani. Pada zaman modern seperti sekarang, masyarakat seakan terlena dengan megah dan mewahnya dunia. Dominasi rasio telah mengesampingkan sisi ruhaniah. Segala bentuk nilai moral formal kemudian tertolak. Dalam konteks demikian, tasawuf hadir tidak dalam wujudnya yang etis formal melainkan hadir dalam bentuknya yang estetis yaitu dalam bentuk puisi karya Ibramsyah Amandit yang berjudul Badai Gurun Dalam Darah. Tasawuf dalam bentuk sastra ini mendapatkan penerimaan yang luas dari masyarakat dan nilai-nilai tasawuf lebih mudah untuk diserap masyarakat. Oleh karena itu, kajian terhadap karya sastra puisi tasawuf tersebut perlu diteliti lebih jauh dalam sebuah penelitian yang berjudul Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Kumpulan Sajak Badai Gurun Dalam Darah Karya Ibramsyah Amandit. Masalah yang dikaji dalam penelitian ada dua hal yakni (1). Bagaimana isi kumpulan sajak Badai Gurun Dalam Darah karya Ibramsyah Amandit, (2). Nilai tasawuf apa saja yang terkandung dalam kumpulan sajak Badai Gurun Dalam Darah karya Ibramsyah Amandit. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1). Mendeskripsikan isi kumpulan sajak Badai Gurun Dalam Darah karya Ibramsyah Amandit, (2) Menganalisis nilai-nilai tasawuf yang terdapat dalam kumpulan sajak Badai Gurun Dalam Darah karya Ibramsyah Amandit. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research)dengan pendekatan deskritif kualitatif. Objek penelitian ini ada dua, yaitu pertama objek formal yang berbicara tentang tasawuf dan objek yang kedua ialah objek material yakni kumpulan sajak Badai Gurun Dalam Darah karya Ibramsyah Amandit. Sumber data terbagi dua yaitu sumber data primer yakni sajak puisi yang terdapat dalam kumpulan sajak karya Ibramsyah Amandit dan sumber data sekunder diperoleh dari berbagai referensi jurnal sastra. Selanjutnya penulis menganalisis data tersebut dengan menggunakan metode deskriptif untuk mendapatkan nilai tasawuf yang terkandung dalam kumpulan sajak Badai Gurun Dalam Darah karya Ibramsyah Amandit. Penelitiaan ini menemukan, bahwa kumpulan sajak Badai Gurun Dalam Darah karya Ibramsyah Amandit menggambarkan berbagai konteks dalam kehidupan sehari-hari, sosial masyarakat, bahkan kehidupan spiritual (tasawuf). Pada kumpulan sajak ini juga ditemukan dominasi nilai tasawuf akhlaki yaitu sabar, tarikat, ridha, muraqabah, mahabbah, uns, zauq, zikrullah, zuhud dan tawakkal. Sebagian kecil terkandung nilai tasawuf falsafi yaitu wahdatul wujud. Dengan demikian kumpulan sajak Badai Gurun Dalam Darah lebih cenderung pada nilai tasawuf akhlaki.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
N Fine Arts > NX Arts in general
Depositing User: DAYAH NURHIDAYAH
Date Deposited: 31 Jul 2019 02:09
Last Modified: 31 Jul 2019 02:09
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12571

Actions (login required)

View Item View Item