EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Materi Dan Praktek Pemberian Ijazah Amalan Melalui WhatsApp dalam Grup Tanya Jawab

Zairina, Nun (2019) Materi Dan Praktek Pemberian Ijazah Amalan Melalui WhatsApp dalam Grup Tanya Jawab. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (241kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (531kB)

ABSTRAK

Penelitian ini berangkat dari revolusi teknologi yang menimbulkan perubahan dari gaya hidup, pola pikir, dan sistem rujukan. Era media sosial yang kini menjadi menjadi tantangan, bagaimana caranya mengajarkan ajaran Islam kepada para pengguna media sosial. Karena begitu banyaknya aplikasi mulai dari instagram, facebook, twitter, grup whatsApp, dan telegram channel, maka para ustadz atau kiyai menggunakan ponsel pintarnya untuk berdakwah. Adapun dalam dunia tasawuf adanya praktik ijazah amalan yang dilakukan oleh mursyid untuk muridnya. Proses pengijazahan biasanya dilakukan dengan cara talaqqi, namun seiring perkembangan zaman terdapat praktik pengijazahan yang berbeda dari yang telah disebutkan di atas, yaitu pemberian ijazah melalui media sosial seperti WhatsApp, salah satunya yang ada dalam Grup Tanya Jawab. Pokok permasalahan penelitian ini ada dua yaitu: pertama, proses praktik ijazah melalui whatsApp.kedua, bagaimana keabsahan ijazah amalan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan jenis data penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Data sumber primer adalah data yang terkait dengan bentuk pengijazahn amalan melalui whatsApp dan keabsahan ijazah amalan tersebut. Sementara data skunder adalah menggambarkan perkembangan teknologi sorang guru yang mengijazahkan amalan melalui whatsApp. Teknik pengumpulan data dengan cara: wawancara via whatsApp dengan yang bersangkutan dalam Grup Tanya Jawab, observasi dengan bergabung langsung dengan grup yang terkait, dan dokumentasi dengan mengumpulkan bukti pengijazahn amalan berbentuk chat dan photo. Hasil penelitian ini adalah proses ijazah amalan melalui whatsApp secara umum sama sebagaimana ijazah amalan yang ada dari zaman dahulu. Perbedaan hanya dalam aspek talaqqi (langsung bertemu) karena ijazah melalui whatsApp yang ada dalam Grup Tanya Jawab ini adanya uraian ijazah amalan yang lengkap dengan manfaat dan aturan membacanya yang kemudian diijazahkan dan diterima dengan mengucap ‘’qabiltu’’. Adapun legalitas atau keabsahan ijazah ini sah saja karena media sosial bisa saja menjadi perantara, seseorang bisa saling memberi dan menerima ijazah. Hal yang perlu diperhatikan disini adalah ijazah tersebut dari amalan Nabi dan ulama yang terkenal mulia atau memiliki sanad yang sampai kepada Nabi Muhammad saw. Karena sebenarnya semua amalan yang berasal dari nabi dan amalan-amalan ulama yang sifatnya baik dan jelas, boleh diamalkan siapa saja dengan sesuai aturan pengamalannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Nun Zairina Zairina
Date Deposited: 01 Aug 2019 02:50
Last Modified: 01 Aug 2019 03:04
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12603

Actions (login required)

View Item View Item