EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Sentra Imtaq Pada PAUD Terpadu Tarbiyatul Athfal dan PAUD Terpadu Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Fitri, Sri Fauziati (2019) Penerapan Sentra Imtaq Pada PAUD Terpadu Tarbiyatul Athfal dan PAUD Terpadu Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (272kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (551kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (78kB)

ABSTRAK

Sentra Imtaq merupakan salah satu metode pembelajaran yang ada pada Pendidikan Anak Usia Dini, di usia 2 – 6 tahun merupakan masa penting dalam mengembangkan segala aspek perkembangan anak khususnya dalam membentuk sosok pribadi yang beriman dan bertakwa, melalui kegiatan sentra Imtaq proses pembentukan menjadi khusus dan terpusat, dalam sentra Imtaq mengajarkan tentang nilai-nilai maupun aturan agama melalui pengenalan dan pembiasaan Iman dan Taqwa anak dalam pembiasaan sehari-hari pada kegiatan main anak, dua lembaga PAUD yang melaksanakan sentra adalah PAUD Terpadu Tarbiyatul Athfal dan PAUD Terpadu Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Seperti apa penerapan sentra Imtaq dikedua lembaga tersebut meliputi proses dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi, belum diketahui dengan jelas maka dari itu perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan menggambarkan penerapan sentra Imtaq pada PAUD Terpadu Tarbiyatul Athfal dan PAUD Terpadu Islam Sabilal Muhtadin dimulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Jenis penelitian pada tesis ini adalah penelitian field research bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan pada dua lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Banjarmasin yaitu PAUD Terpadu Tarbiyatul Athfal yang beralamat di Jl. A. Yani Km 4,5 Komplek UIN Antasari Kel. Kebun Bunga Kec. Banjarmasin Timur dan PAUD Terpadu Islam Sabilal Muhtadin yang beralamat di Komplek mesjid raya Sabilal Muhtadin Jl. Jendral Sudirman No.01 Banjarmasin Barat. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah; Observasi, Wawancara dan Dokumentasi, data dianalisis dalam bentuk deskriptif melalui tiga tahapan yaitu; (1) Data Reduction (dipilah), (2) Data Display (dipaparkan), (3) Data Conclution (disimpulkan). Hasil penelitian ini adalah data lapangan pada PAUD Terpadu Tarbiyatul Athfal pendidik sentra Imtaq memiliki dokumen perencanaan sesuai Permendikbud 137, proses pelaksanaan berpedoman pada dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dengan alokasi waktu tujuh puluh lima menit disertai sarana prasarana yang cukup memadai, serta melakukan evaluasi aspek perkembangan anak usia dini sesuai Permendikbud 137 dengan menggunakan skala penilaian Belum Berkembang (BB), Mulai Berkembang (MB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian data lapangan pada PAUD Terpadu Islam Sabilal Muhtadin pendidik sentra Imtaq memiliki dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) sesuai Permendikbud 137, proses pelaksanaan berpedoman pada dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dengan alokasi waktu delapan puluh menit disertai sarana dan prasarana yang memadai dan pengembangannya, serta melakukan evaluasi sesuai enam aspek perkembangan anak usia dini yang telah dikembangkan dengan menggunakan skala penilaian Belum Berkembang (BB), Mulai Berkembang (MB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: TESIS SRI FAUZIATI FITRI
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:17
Last Modified: 25 Oct 2019 02:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12905

Actions (login required)

View Item View Item