EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Banjarmasin

Aulia, Ahda (2019) Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (612kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kurikulum 2013 merupakan Kurikulum baru yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai pengembangan dari Kurikulum sebelumnya guna perbaikan kualitas pendidikan Indonesia. Tahun 2014-2015 Implementasi Kurikulum 2013 sudah dilaksanakan secara bertahap dibeberapa sekolah dan akan dilaksanakan serentak pada Tahun 2018 baik di sekolah/madrasah negeri maupun swasta. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 serta faktor pendukung dan penghambat di tiga madrsah ibtidaiyah swasta (MIS) yang memiliki akreditasi (category) yang berbeda yakni di MIS Muhammadiyah 3 Al-Furqan (good caegory), MIS Sullamut Taufiq (medium category), MIS Musyawarah (less category) tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseacrh) yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai Implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif yang menggunakan pendekatan fenomenologi. Objek dalam penelitian ini adalah Kurikulum 2013, sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru di MIS Muhammadiyah 3 Al-Furqan, MIS Sullamut Taufiq, dan MIS Musyawarah Banjaramasin. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui reduksi data, tahap display data dan tahap kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Implementasi Kurikulum 2013 dalam proses perencanaan di MIS Muhammadiyah 3 Al-Furqan, MIS Sullamut Taufiq, dan MIS Musyawarah Banjarmasin telah menggunakan silabus dan RPP sesuai dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, namun dalam pembuatan silabus dan RPP masih belum maksimal, karena guru hanya mendownloadnya dari internet. Dalam proses pelaksanaan masih belum maksimal karena adanya ketidaksesuaian antara RPP dengan praktek pembelajaran, namun dalam mengajar, MIS Muhammadiyah 3 Al-Furqan dan MIS Sullamut Taufiq sudah maksimal karena sudah menggunakan pendekatan saintifik (5M) dan berpusat pada siswa. MIS Musyawarah juga sebagian sudah menggunakan pendekatan saintifik namun dalam pelaksanaannya masih terfokus kepada guru. Dalam proses penilaian di MIS Muhammadiyah 3 Al-Furqan, MIS Sullamut Taufiq dan MIS Musyawarah Banjarmasin belum maksimal karena belum sepenuhnya menggunakan penilaian autentik dan hanya berpatok pada rubrik penilaian yang ada di buku saja. Faktor pendukung dan penghambat di MIS Muhammadiyah 3 Al-Furqan, MIS Sullamut Taufiq, MIS Musyawarah Banjarmasin dilihat dari faktor kepala madrasah, guru, orang tua, siswa, situasi dan kondisi serta fasilitas yang tersedia di madrasah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AHDA AULIA AHDA AULIA AHDA AULIA
Date Deposited: 30 Oct 2019 07:33
Last Modified: 30 Oct 2019 07:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13051

Actions (login required)

View Item View Item