EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Isi Pendidikan Akhlak terhadap Diri Sendiri untuk Anak Usia Dini dalam Film Animasi Islami Nussa

Anza, Nadia El-Huda (2019) Analisis Isi Pendidikan Akhlak terhadap Diri Sendiri untuk Anak Usia Dini dalam Film Animasi Islami Nussa. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (132kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (396kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (481kB)

ABSTRAK

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan akhlak dalam film animasi islami “Nussa” yang berfokus pada akhlak terhadap diri sendiri untuk anak usia dini usia 4-6 tahun. Pendidikan akhlak terhadap diri sendiri merupakan pondasi utama untuk anak usia dini dalam membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Perkembangan anak usia dini yang pada masa proses pembentukan diri, merupakan kesempatan bagi orang tua dan pendidik dalam memberikan pendidikan akhlak yang baik, utamanya pendidikan akhlak terhadap diri sendiri. Film merupakan media massa yang besifat informatif dan tidak dapat dipisahkan dari segala kalangan di masyarakat. Fungsi utama film sebagai edukasi menjadi tujuan peneliti dalam menganalisa pendidikan akhlak terhadap diri sendiri pada film animasi islami “Nussa” episode “Belajar Ikhlas”. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi (Content Analysis) semiotika model Charles Sanders Peirce. Model analisis semiotika Charles Sanders Peirce adalah memelajari logika, memelajari bagaimana orang bernalar. Subjek dalam penelitian ini adalah sebuah film animasi Islami “Nussa” episode “Belajar Ikhlas”, sedangkan objek pada penelitian ini yaitu dialog dan gambar pada scene episode “Belajar Ikhlas” film animasi “Nussa” yang mengandung pendidikan akhlak terhadap diri sendiri untuk anak usia dini usia 4-6 tahun. Berdasarkan hasil analisis data dan temuan pada penelitian ini, ditemukan pendidikan akhlak terhadap diri sendiri untuk anak usia dini 4-6 tahun pada film animasi Islami “Nussa” episode “Belajar Ikhlas”. Penelitian ini mengacu pada Permendikbud No. 137 Tahun 2014 dan Permendikbud No. 146 Tahun 2014 yaitu tentang indikator dan tingkat pencapaian keagamaan nilai agama dan moral anak usia dini usia 4-6 tahun. Temuan akhlak terhadap diri sendiri adalah mengajarkan keikhlasan dalam menolong orang lain, mengajarkan keikhlasan dalam menerima perlakuan tidak menyenangkan dari orang lain, mengajarkan sikap empati pada seseorang yang sedang dalam masalah, mengajarkan mengontrol sikap dalam kondisi kesal, membiasakan diri bersikap tenang walalupun saat kondisi marah, mengajarkan bersikap baik ketika mendengarkan orang lain bercerita, dan mengajarkan bersyukur.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Nadia El-H Nadia El-Huda Anza Nadia El-Huda Anza
Date Deposited: 31 Oct 2019 01:50
Last Modified: 31 Oct 2019 01:50
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13086

Actions (login required)

View Item View Item