EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERILAKU KESEHARIAN GURU PAI DALAM MEMBIASAKAN AKHLAK MULIA DI MTSN 8 HULU SUNGAI SELATAN

Rahman, M. Fathur (2020) PERILAKU KESEHARIAN GURU PAI DALAM MEMBIASAKAN AKHLAK MULIA DI MTSN 8 HULU SUNGAI SELATAN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (225kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (500kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang perilaku keseharian guru PAI dalam membiasakan akhlak mulia di MTsN 8 Hulu Sungai Selatan dengan fokus penelitian sebagai berikut: perilaku keseharian guru PAI dalam membiasakan akhlak mulia di MTsN 8 Hulu Sungai Selatan dan hal-hal mendukung serta menghambat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku keseharian guru PAI dalam membiasakan akhlak mulia di MTsN 8 Hulu Sungai Selatan dan hal-hal mendukung serta menghambat. Subjek penelitian ini adalah para guru PAI dan sebagian siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah perilaku keseharian guru PAI dalam membiasakan akhlak mulia di MTsN 8 Hulu Sungai Selatan dan hal-hal mendukung serta menghambat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam pengolahan data digunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk analisis data menggunakan analisis deskriftif kualitatif dengan mendeskrifsikan kejadian yang sesungguhnya dalam bentuk uraian kalimat, kemudian mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa perilaku keseharian guru PAI dalam membiasakan akhlak mulia di MTsN 8 Hulu Sungai Selatan meliputi tiga, yaitu akhlak bertutur kata, akhlak berpakaian, akhlak berinteraksi sesama guru dan tenaga pendidikan serta siswa. Akhlak dalam bertutur kata yaitu menyebarkan salam, sopan, santun, ramah, membicarakan hal-hal baik, dan menghindari perkataan menyinggung. Adapun akhlak berpakaian meliputi pakaian rapi, tidak ketat dan sempit, tidak transparan, tidak menyerupai lawan sejenis, menutup aurat, dan tidak berlebihan. Sedangkan akhlak berinteraksi sesama guru dan tenaga pendidikan serta siswa yaitu menjaga keharmonisan, berpikir sebelum bertindak, tolong menolong dan saling menghargai, serta memecahkan permasalahan bersama. Adapun hal-hal mendukung adalah latar belakang guru, pengalaman mengajar guru, kepribadian guru, dan lingkungan guru. Sedangkan hal-hal menghambat adalah lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:01
Last Modified: 23 Jun 2020 02:01
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14164

Actions (login required)

View Item View Item