EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Program Tahfiz Hadits di Pondok Pesantren Al Falah Puteri Banjarbaru

Amalia, Siska Rizky (2020) Program Tahfiz Hadits di Pondok Pesantren Al Falah Puteri Banjarbaru. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (736kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini berlatar belakang dengan melihat pentingnya menghafal, mempelajari, dan mengamalkan hadis dalam kehidupan sehari-hari. Namun sangat jarang ada lembaga yang mendirikan Tahfiz Hadis ini. Padahal kepopuleran suatu hadis juga merupakan khazanah ilmu pengetahuan yang tak bisa diabaikan. Dibandingkan Alquran, hadis lebih sulit dihafal karena jarang didengar dan tidak banyak metode-metode untuk menghafalkannya. Seperti yang terdapat dalam buku-buku pendidikan, lebih banyak ditemui metode membaca dan menghafal Alquran dengan cepat dan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program Tahfiz Hadits di Pondok Pesantren Al Falah Puteri Banjarbaru dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu 1 orang Ustazah pembimbing program Tahfiz Hadits dan santriwati yang mengikuti program Tahfiz Hadits. Objek penelitian yaitu Program Tahfiz Hadits di Pondok Pesantren Al Falah Puteri Banjarbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam pengolahan data digunakan teknik koleksi, klasifikasi dan editing data. Untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggambarkan atau mendeskripsikan kejadian yang sesungguhnya dalam bentuk uraian kalimat, kemudian dianalisa dengan menggunakan teknik induktif, yaitu dengan menyimpulkan data secara khusus berdasarkan kenyataan umum di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa program Tahfiz Hadits di Pondok Pesantren Al Falah Puteri Banjarbaru dilaksanakan dengan beberapa tahapan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan ini antara lain pendaftaran program Tahfiz Hadits, tujuan program, pemilihan kitab hadis, dan jumlah hadis yang dihafal. Kemudian, pelaksanaan program Tahfiz Hadits dilaksanakan dengan kegiatan setoran hafalan hadis dan muroja’ah hafalan hadis. Sedangkan evaluasi program Tahfiz hadits dilakukan dengan muroja’ah yang dilaksanakan 2 minggu sekali dan tes akhir pada akhir program Tahfiz Hadits. Dampak yang terlihat dari santriwati sesudah menghafal hadis adalah dengan adanya kemampuan santriwati menyambung hadis yang terpotong dan menjawab perkara hukum dengan hadis yang mereka hafal.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MULYANINGS MULYANINGSIH MULYANINGSIH
Date Deposited: 24 Jun 2020 03:48
Last Modified: 24 Jun 2020 03:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14177

Actions (login required)

View Item View Item