EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Isi Penanaman Nilai-Nilai Moral pada Anak Usia Dini melalui Film Animasi "Pada Zaman Dahulu"

Maulida Rahmi, Maulida Rahmi (2020) Analisis Isi Penanaman Nilai-Nilai Moral pada Anak Usia Dini melalui Film Animasi "Pada Zaman Dahulu". Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (527kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (987kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (12kB)

ABSTRAK

Selama ini cukup banyak cerita anak yang difilmkan di televisi. Namun, ada anggapan film-film tersebut kurang mendidik bagi anak-anak Indonesia. Karena itu ada upaya untuk membuat film animasi yang bermuatan nilai-nilai moral, seperti film animasi “Pada Zaman Dahulu” yang sangat terkenal di kawasan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Film ini disiarkan dalam bentuk film animasi oleh MNCTV dan juga disebarluaskan oleh Youtube. Banyak sekali nilai-nilai positif yang dapat ditanamkan melalui film animasi ini, diantaranya nilai-nilai yang berhubungan dengan etika atau kepribadian (moral) seperti ikhlas, jujur, sabar, pemurah, pema’af, toleran, dan suka menolong orang lain. Film animasi ini penting untuk diteliti lebih jauh karena nilai-nilai yang dikandungnya sesuai dengan anak-anak yang masih berada dalam pendidikan usia dini. Rumuskan masalah dalam penelitian ini adalah nilai-nilai moral apa saja yang terkandung dalam film animasi Pada Zaman Dahulu dan bagaimana metode penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini melalui film animasi Pada Zaman Dahulu? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai moral yang terkandung dalam film animasi Pada Zaman Dahulu dan metode yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai moral pada anak usia dini melalui film nimasi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dalam arti bahan-bahan tulisan diambil dari buku-buku, majalah, surat kabar, dan tambahan lainnya yang dihubungkan dengan film animasi Pada Zaman Dahulu. Data yang didapat dalam penelitian ini diolah dan dianalisis dengan teknik analisis isi (content analysis). Teknik analisis menggunakan salah satu konsep analisis isi teori Ferdinand de Sausure, yaitu perbedaan signifiant (penanda) dan signifie (petanda). Berdasarkan analisis data maka hasil dari penelitian ini ditemukan beberapa nilai moral yang dapat ditanamkan pada anak usia dini. Pada episode Sang Kancil dan Kerbau ditemukan 3 nilai moral, yaitu sifat suka menolong, ikhlas, dan jujur. Sedangkan pada episode Sang Kancil Mengira Buaya. ditemukan 2 nilai moral, yaitu sabar dan jujur. Adapun metode penanaman nilai- nilai moral pada anak usia dini yang tergambar melalui film animasi Pada Zaman Dahulu dilakukan dengan tiga cara, yaitu: keteladanan, pembiasaan, dan pemberian informasi melalui cerita.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SERI RATNA SERI RATNA HAPSYAH SERI RATNA HAPSYAH
Date Deposited: 10 Jul 2020 00:09
Last Modified: 10 Jul 2020 00:09
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14455

Actions (login required)

View Item View Item