EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pengenaan Zakat Perusahaan pada BPKH dan Zakat Tabungan pada Jamaah Haji

Hatma, Ahmad Akbar Aji (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pengenaan Zakat Perusahaan pada BPKH dan Zakat Tabungan pada Jamaah Haji. Tesis, Pasca Sarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (880kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (752kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (399kB)

ABSTRAK

Pemaksimalan terhadap penerimaan zakat merupakan hal yang patut untuk diberikan perhatian lebih. Seyogyanya penerimaan zakat yang besar berpotensi membantu pemerataan ekonomi yang dicanangkan dalam konsep ekonomi Islam. tujuan utama pemaksimalan zakat adalah membantu perekonomian masyarakat yang lemah dan untuk menkonversikan yang awalnya mustahiq menjadi muzakki. Melalui zakat perusahaan dan zakat tabungan diharapkan potensi penerimaan dana zakat di Indonesia menjadi meningkat. Pasalnya, pertumbuhan perusahaan yang mengklaim dirinya sebagai perusahaan syariah dan atau memanajemen perusahaannya dalam konsep syariah mulai tumbuh dan berkembang. Dalam kasus Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) yang bertindak sebagai lembaga pengelola dana haji untuk dikelola sesuai dengan prinsip syariah. untuk itu perlu dilakukan tinjauan mengenai pengenaan zakat perusahaan di BPKH. Selain itu juga berkaca dari animo masyarakat yang memiliki antusias tinggi untuk melaksanakan ibadah haji yang menyebabkan overload nya kapasitas keberangkatan jamaah haji setiap tahun sehingga menyebabkan munculnya daftar tunggu keberangkatan menimbulkan satu pertanyaan baru mengenai pengenaan zakat dari tabungan jamaah haji yang mengendap. Untuk itulah dalam hal ini perlu dilakukan tinjauan atas pengenaan zakat perusahaan pada BPKH dan zakat tabungan pada jamaah haji Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dengan pendekatan yuridis normatif yang mendeskripsikan teori hukum dengan melakukan identifikasi terhadap hukum zakat yang berlaku pada dana setoran haji dari sisi pengelola keuangan dan jamaah haji. Hal yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah BPKH dan jamaah haji Indonesia. Dengan dibantu data yang terdiri dari buku yang membahas tentang zakat dan website resmi https://bpkh.go.id/ serta bahan yang dianggap relevan sebagai referensi dari penelitian ini. Hasil yang didapat bahwa pengenaan zakat perusahaan terhadap BPKH dinilai tidak dapat diterapkan dikarenakan terdapat salah satu syarat yang tidak dapat dipenuhi sedangkan pengenaan zakat tabungan pada jamaah haji masih dapat diterapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Depositing User: Maulida Maulida Fitria Fitria
Date Deposited: 28 Jan 2021 01:04
Last Modified: 28 Jan 2021 01:04
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15139

Actions (login required)

View Item View Item