EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

STRATEGI PARENTING DAN POLA ASUH SINGLE PARENT STUDI KASUS DI DESA MUARA UNTU KABUPATEN MURUNG RAYA KALIMANTAN TENGAH

Patimah, Siti (2021) STRATEGI PARENTING DAN POLA ASUH SINGLE PARENT STUDI KASUS DI DESA MUARA UNTU KABUPATEN MURUNG RAYA KALIMANTAN TENGAH. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAAN TULISAN.pdf

Download (995kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (485kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi parenting dan pola asuh yang diberikan single parent studi kasus di Desa Muara Untu Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan alat pengumpul data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Huberman yang dilakukan secara interaktif dengan tiga proses pengumpulan data berupa proses reduksi data, proses penyajian data, dan proses penarikan kesimpulan data. Adapun tahapan pengumpulan data adalah pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat diambil kesimpulan bahwa setiap orang tua memiliki strategi parenting dan pola asuh yang berbeda-beda, strategi yang diterapkan ketiga orang tua single parent yaitu dengan memberikan kasih sayang, memperhatikan asupan gizi untuk tumbuh kembang anak, tidak kalah penting mereka selalu memberikan nasihat, dukungan, dan juga perlindungan kepada anak-anaknya Sedangkan pola asuh yang diterapkan oleh ibu single parent di desa Muara Untu yaitu demokratis, otoriter, permisif dan juga pola asuh situasional yang mana diterapkan berdasarkan situasi dan keadaan yang sedang terjadi, para ibu single parent memiliki tujuan serta harapan yang sama yaitu ingin memenuhi tanggungjawab yang ada, memenuhi kebutuhan anak-anak. Setiap masing-masing ibu memiliki cara tersendiri dalam penerapan parenting dan juga pola asuh terhadap anak-anaknya, setiap orang tua beusaha untuk memenuhi kebutuhan dan keperluan anak sehari-hari. Adapun yang faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan parenting dan pola asuh orang tua terhadap anak yaitu faktor pendidikan yang rendah sehingga kurangnya pengetahuan terhadap pentingnya perkembangan dan pertumbuhan untuk anak-anak, selain itu faktor yang sangat mempengaruhi adalah faktor ekonomi (pendapatan yang rendah) hal ini sangat berpengaruh terhadap keberlangsungannya penerapan parenting dan pola asuh untuk anak-anak. Adapun yang menjadi faktor pendukung untuk orang tua Single Parent yaitu keluarga terdekat mereka.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Feb 2021 06:58
Last Modified: 01 Feb 2021 06:58
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15212

Actions (login required)

View Item View Item