EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIKIH MATERI HAJI DAN UMRAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 8 HST

Fitriyanti, Annisa (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIKIH MATERI HAJI DAN UMRAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 8 HST. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
4. BAB I Annisa F.pdf

Download (405kB)
[img] Text
5. BAB II Annisa F.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
6. BAB III Annisa F.pdf

Download (222kB)
[img] Text
7. BAB IV Annisa F.pdf

Download (344kB)
[img] Text
8. BAB V Annisa F.pdf

Download (90kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA Annisa F.pdf

Download (195kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Pendidikan di zaman sekarang terkendala karena adanya pandemi covid-19, dimana bagi lembaga pendidikan pengajaran diadakan secara daring (dalam jaringan). Terkhusus pada pembelajaran fikih materi haji dan umrah, pembelajaran berlangsung melalui whatsapp group guna berjalannya kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran fikih materi haji dan umrah serta mengetahui kendala dalam pembelajaran fikih materi haji dan umrah pada masa pandemi covid-19 di MIN 8 HST. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran fikih kelas V di MIN 8 HST. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran fikih materi haji dan umrah pada masa pandemi covid-19 di MIN 8 HST. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumenter. Data yang telah diperoleh kemudian diolah melalui teknik editing, koding dan klasifikasi hingga akhirnya bisa dianalisis dan disajikan. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah 1) Pembelajaran fikih materi haji dan umrah pada masa pandemi covid-19 dilaksanakan menggunakan sistem daring (dalam jaringan). Aplikasi yang digunakan oleh guru yang mengajar fikih materi haji dan umrah yaitu whatsapp group. 2) Kendala dalam pembelajaran daring yaitu tidak adanya demonstrasi dari guru dan praktik berhaji/umrah, sarana pembelajaran daring, terbatasnya waktu orang tua dalam mendampingi siswa saat belajar daring, terbatasnya keterampilan guru dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, daya tangkap siswa rendah terhadap materi daring, kurangnya motivasi siswa dalam belajar daring, materi pembelajaran yang disampaikan tidak tersampaikan dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:23
Last Modified: 03 Feb 2021 03:23
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15267

Actions (login required)

View Item View Item