EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Baarak Naga Pada Walimah Perkawinan di Desa Barikin Kecamatan Haruyan

Azhari, Ramadhani (2021) Praktik Baarak Naga Pada Walimah Perkawinan di Desa Barikin Kecamatan Haruyan. Skripsi, Syariah.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (245kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (944kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (395kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Praktik Baarak Naga pada walimah perkawinan di Desa Barikin kecamatan Haruyan merupakan suatu tradisi yang ada sejak dahulu yang diadakan ketika walimah perkawinan, rangkaian upacara tersebut menggunakan ornamen Naga yang dibawa dari kampung sebelah sampai halaman rumah pengantin. Kemudian pengantin duduk di atas badan naga dan diiringi dengan musik gamelan, dalam Islam tidak menjelaskan secara rinci tata cara walimah perkawinan sehingga walimah di dalam perkawinan dimasuki budaya dari masyarakat di Desa Barikin Kecamatan haruyan yang melaksanakan Baarak Naga pada walimah perkawinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman; Praktik Baarak Naga pada Walimah Perkawinan di Desa Barikin Kecamatan Haruyan, tinjauan hukum Islam terhadap Praktik Baarak Naga pada walimah perkawinan di desa Barikin Kecamatan Haruyan. Penelitian ini merupakan penelitian (field research) yang bersifat deskriptif analitik. Untuk memperoleh data yang berlokasi di Desa Barikin Kecamatan Haruyan, dalam menemukan data dan dokumen yang diperlukan peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan mewawancarai enam orang yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, setelah data terkumpul , maka akan diolah dengan teknik koleksi data, pengklasifikasian data, editing dan interpretasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Upacara Baarak Naga pada walimah perkawinan merupakan salah satu upacara adat di Desa Barikin Kecamatan Haruyan. Proses tradisi Baarak Naga tersebut dengan cara menjalankan mobil yang sudah dihiasi, di dalam mobil itu terdapat sepasang pengantin, satu orang sopir dan orang yang bertugas memainkan gamelan yang mengiringi upacara tersebut. Sebelum upacara tersebut dimulai maka lebih dahulu membaca do’a selamat dan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Baarak Naga pada walimah bisa dilaksanakan apabila tidak bertantangan dengan syariat dengan berdasarkan hukum dalam ushul fiqih yang dikenal dengan al-‘urf, al-‘urf bisa dijadikan dasar hukum Islam asalkan tidak bertentangan dengan prinsip dan kaidah dalam hukum Islam. Salah satunya dengan tidak berlebihan dan tidak memberatkan bagi yang meaksanakannya, sehingga acara tersebut dipandang sebagai luapan kegembiraan dalam bentuk suka cita bagi orang yang menghajatkannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Depositing User: Mukti Hidayat
Date Deposited: 10 Feb 2021 06:37
Last Modified: 10 Feb 2021 06:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15371

Actions (login required)

View Item View Item