EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PELAKSANAAN UPACARA BATAJAK RUMAH PADA MASYARAKAT SUKU BANJAR KUALA (STUDI PADA MASYARAKAT DESA PASAR JATI KECAMATAN ASTAMBUL KABUPATEN BANJAR)

Juhdi, Muhammad (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PELAKSANAAN UPACARA BATAJAK RUMAH PADA MASYARAKAT SUKU BANJAR KUALA (STUDI PADA MASYARAKAT DESA PASAR JATI KECAMATAN ASTAMBUL KABUPATEN BANJAR). Tesis, Pasca Sarjana.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (939kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (703kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB 1 - Muhammad Juhdi.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB 2 - Muhammad Juhdi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
BAB 3 - Muhammad Juhdi.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB 4 - Muhammad Juhdi.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB 5 - Muhammad Juhdi.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Penelitian.pdf

Download (325kB)
[img] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Sebuah budaya Banjar batajak rumah ada hakikatnya mengandung unsur nilai pendidikan Islam, dan nilai-nilai pendidikan Islam mempunyai peran penting sebagai agen perubahan dan memberikan solusi pada iklim dunia pendidikan sendiri. Dalam konteks disini yang menjadi fokus masalah dalam penelitian ini, apa saja nilail-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam upacara batajak rumah pada masyarakat suku Banjar Kuala studi pada masyarakat desa Pasar Jati. Permasalahan yang diteliti dan dijadikan fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana pelaksanaan upacara batajak rumah oleh masyarakat suku Banjar Kuala didesa Pasar Jati, 2) Nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terkandung dalam pelaksanaan upacara batajak rumah oleh masyarakat suku Banjar Kuala didesa Pasar Jati. Penelitian ini berjenis field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode etnografi, observasi dan wawancara. Dokumentar dari sumber data primer dan sekunder. Selanjutnya dianalisis menggunakan teknik deskripsi analisis, dan dilakukan pengecakan keabsahan data dengan menggunakan teknik, interpretasi, triangulasi metode, triangulasi sumber data dan editing. Hasil penelitian pada pelaksanaan upacara batajak rumah disini adalah mulai dengan menentukan lokasi yang tepat, mengumpulkan bahan-bahan, kegiatan religi seperti shalat hajat berjamaah, selamatan dengan doa-doa, hingga dilaksanakannya ketika awal pembangunan rumah dan menggunakan media-media tertentu seperti piduduk atau baboreh yang biasa disebut sesajen, minyak wangi, ketupat bangsul (anyaman dari daun kelapa), dupa atau gaharu, nasi ketan dengan inti (parutan kelapa diaduk dengan gula aren), bubur merah dan putih, sepasang ayam kampung, lilin, ibu hamil yang pertama memegang tiang rumah disebut dengan batianan mandaring. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam pelaksanaan upacara batajak rumah pada masyarakat Suku Banjar Kuala pada desa Pasar Jati Kecamatan Astambul kabupaten Banjar, adalah 1) nilai pendidikan Ilahi, yang terdiri dari nilai imaniah, nilai ubudiyah, nilai muamalah, 2) nilai pendidikan akhlak, yang terdiri dari nilai sosial dan nilai syari’at (ikhtiar) atau cara yang ditempuh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 15 Feb 2021 01:55
Last Modified: 15 Feb 2021 01:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15401

Actions (login required)

View Item View Item