EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tren Busana Muslimah Siswi SMAN 1 Alalak (Tinjauan Hukum Fiqih Q.S. Al-Ahzab Ayat 59)

Afifah, Siti (2021) Tren Busana Muslimah Siswi SMAN 1 Alalak (Tinjauan Hukum Fiqih Q.S. Al-Ahzab Ayat 59). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (501kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Di tengah maraknya pengguna busana muslimah pada saat ini banyak model busana muslimah yang sedang tren sehingga menjadi budaya atau kebiasaan di kalangan masyarakat. Namun, model busana muslimah yang sedang tren sekarang terlepas dari busana muslimah menurut Q.S.Al-Ahzab ayat 59. Hal ini banyak terjadi di kalangan remaja yang disebabkan karena pengetahuan agama yang kurang atau hanya ikut-ikutan tren saja, bahkan dari mereka ada yang tidak segan untuk melepas jilbabnya padahal dalam Al-Qur‟an dan hadis sudah diwajibkan untuk menutup aurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tren busana muslimah siswi SMAN 1 Alalak dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi tren busana muslimah siswi SMAN 1 Alalak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 3 guru PAI SMAN 1 Alalak dan 15 siswi SMAN 1 Alalak yang beragama Islam. Objek penelitian ini adalah Tren busana muslimah siswi SMAN 1 Alalak dan faktor yang memperngaruhi Tren busana muslimah siswi SMAN 1 Alalak. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang terkumpul diproses melalui editing data, klasifikasi data, interpretasi data serta seimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa para siswi SMAN 1 Alalak sudah mengetahui bahwa menutup aurat itu wajib. Tren busana yang banyak digunakan Siswi SMAN 1 Alalak tersebut bisa dikatakan tidak sesuai dengan kriteria busana muslimah seperti jilbab yang dililit ke leher atau dinaikkan ke pundak, Jilbab yang transparan, menggunakan celana jeans, tidak memakai ciput, tidak memakai kaos kaki, baju yang agak ketat atau digulung. Sedangkan hukum fiqih yang terdapat dalam Q.S. Al-Ahzab ayat 59 wajib hukumnya bagi perempuan untuk menutup aurat dengan mengulurkan jilbab nya atau berbusana muslimah ke seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Faktor yang mempengaruhi tren busana muslimah siswi SMAN 1 Alalak yaitu merasa panas bila mengenakan jilbab atau busana muslimah yang sesuai dengan ketentuan syariat, tidak mampu membeli busana muslimah, tidak terbiasa memakai jilbab syar‟i atau busana muslimah, kurangnya fungsi jam pendidikan agama di sekolah-sekolah umum, dan pengaruh dari teman sejawat serta faktor dari orangtua atau keluarga.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 15 Mar 2021 04:44
Last Modified: 15 Mar 2021 04:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15891

Actions (login required)

View Item View Item