EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Standar Proses dalam Pembelajaran Agama Islam pada Sekolah Dasar di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar (Analisis Komparatif antara KTSP dan K-13)

Rahmadi, Didi (2021) Implementasi Standar Proses dalam Pembelajaran Agama Islam pada Sekolah Dasar di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar (Analisis Komparatif antara KTSP dan K-13). Tesis, Pascasarjana.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
PERNYATAAN.PDF

Download (600kB)
[img] Text
AWAL.PDF

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.PDF

Download (603kB)
[img] Text
BAB I.PDF

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.PDF

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.PDF

Download (36MB)
[img] Text
BAB V.PDF

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (434kB)
[img] Text
LAMPIRAN.PDF

Download (974kB)

ABSTRAK

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan implementasi sebuah kurikulum di lapangan dituntut mampu memahami dan melaksanakan standar proses yang telah ditetapkan. Pelaksanaan standar proses pendidikan dimaksudkan untuk memberikan pelayanan maksimal dalam pengelolaan pendidikan sehingga dapat mencapai kualitas pendidikan yang diharapkan. Pada SDN Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar masih diberlakukan dua kurikulum sekaligus, yaitu KTSP dan K-13. Terkait hal tersebut, fokus penelitian yang dikemukakan adalah; tingkat pengimplementasian standar proses pembelajaran oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menerapkan KTSP; Tingkat pengimplementasian standar proses pembelajaran oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menerapkan K-13; dan komparasi antara implementasi standar proses pembelajaran oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menerapkan KTSP dan K-13 di SDN Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif ini mengambil subjek para guru PAI pada SDN Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar yang telah ditentukan. Data terdiri dari data pokok dan penunjang dengan teknik pengumpulan data; kuesioner, dokumentasi; dan wawancara. Desain pengukuran menggunakan instrumen baku dan teruji dari BAN S/M SD/MI, khusus bagian standar proses pembelajaran sebanyak 21 item instrumen dengan lima buah alternatif jawaban, dengan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi standar proses pembelajaran oleh guru PAI yang menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada SDN Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar, berada pada tingkat kriteria Baik; dan implementasi Standar Proses Pembelajaran oleh guru PAI yang menerapkan Kurikulum 2013 (K-13) pada SDN Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar, berada pada tingkat kriteria Amat Baik; dan komparasi antara implementasi standar proses pembelajaran oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI), yang menerapkan K-13 lebih unggul bila dibandingkan dengan guru yang menerapkan KTSP pada SDN Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Hal ini dapat dilihat dari komparasi melalui dua tinjauan, secara keseluruhan; dan berdasarkan setiap aspek komponen implementasi, yang dapat dikelompokkan menjadi empat macam yaitu: aspek perncanaan; aspek pelaksanaan; aspek evaluasi/penilaian; dan aspek pengawasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Didi Rahmadi Mukeri
Date Deposited: 08 Apr 2021 06:37
Last Modified: 08 Apr 2021 06:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16068

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item