EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

UNSUR-UNSUR TASAWUF DALAM KITAB ‘MENGENAL AL-ASMÂ` AL-HUSNÂ JALAN MENUJU MA’RIFAT ALLAH’ KARYA KH. MUHAMMAD BAKHIET

Rosdal, Muhammad (2021) UNSUR-UNSUR TASAWUF DALAM KITAB ‘MENGENAL AL-ASMÂ` AL-HUSNÂ JALAN MENUJU MA’RIFAT ALLAH’ KARYA KH. MUHAMMAD BAKHIET. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
SRT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (189kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (920kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (187kB)

ABSTRAK

Salah satu keturunan Syaikh Muhammad Arsyad al-Banjarî (1710-1812 M.) adalah KH. Muhammad Bakhiet yang merupakan salah satu ulama kharismatik di Kalimantan Selatan dan pemimpin tarekat „Alawiyah. Salah satu karyanya adalah Mengenal al-Asmâ` al-Husnâ Jalan Menuju Ma’rifat Allah. Memang biasanya penjelasan atau paparan tentang al-Asmâ` al-Husnâ lebih mengarah kepada aspek tauhid dan teologi, namun tidak menutup kemungkinan paparan al-Asmâ` al-Husnâ mengarah kepada aspek fadhilat dan khasiat al-Asmâ` al-Husnâ, atau mungkin saja paparan tentang al-Asmâ` al-Husnâ mengarah kepada unsur teologi dan tasawuf. OLeh karena itu peneliti melakukan penelitian lebih mendalam dalam bentuk tesis mengenai unsur-unsur tasawuf kitab Mengenal al-Asmâ`al-Husnâ Jalan Menuju Ma’rifat Allah karya KH. Muhammad Bakhiet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni pendekatan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pustaka (library research). Data dan sumber data menggunakan data primer dan sekunder. Data yang sudah terkumpul dalam proses pengumpulan data kemudian disajikan secara deskriptif dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini meliputi : 1) Kandungan isi kitab Mengenal al-Asmâ` al-Husnâ karya KH. Muhammad Bakhiet secara garis besar terbagi dua. Pertama, uraian tentang mengenal al-Asmâ` al-Husnâ atau nama-nama Allah dengan menguraikan konsep mengenai jumlah nama-nama Allah. Kedua, berisi uraian-uraian mengenai nama-nama Allah yang disajikan satu persatu. Uraian nama-nama Allah secara garis besar terdiri dari tiga aspek, yaitu makna harfiah nama-nama Allah, penjelasan teologis. 2) Unsur-unsur tasawuf akhlaki sangat dominan di dalam paparan KH. Muhammad Bakhiet mengenai al-Asmâ` al-Husnâ. Unsur tasawuf amali tidak banyak dikemukakan yaitu mengenai aspek fadhilat dan khasiat Asma Allah. Kondisi ini dapat dimaklumi karena memang paparan KH. Muhammad Bakhiet tidak dikhususkan berbicara mengenai fadhilat dan khasiat, tetapi lebih terfokus pada dua aspek yaitu mengenal Allah (ma‟rifatullah) dan meneladani asma (akhlak) Allah. Unsur tasawuf falsafi juga tidak banyak dikemukakan oleh KH. Muhammad Bakhiet, hanya membahas mengenai Nur Muhammad, konsep al-baqâ` dan tahapan-tahapan yang harus ditempuh untuk mencapainya, tauhid sufistik (dzat, sifat dan af‟al), dan konsep al-insân al-kâmil. Fokus paparannya terdiri dari dua aspek yaitu mengenal Allah (ma‟rifatullah) melalui nama-nama-Nya dan meneladani asma (akhlak) Allah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 27 May 2021 23:49
Last Modified: 27 May 2021 23:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16241

Actions (login required)

View Item View Item