EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Metode Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran Mahasiswa di Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin

Herliyani, Puspa (2021) Metode Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran Mahasiswa di Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (772kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Jujur dapat diartikan sebagai perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan. Nilai kejujuran merupakan nilai fundamental yang diakui oleh semua orang sebagai tolak ukur kebaikan seseorang dalam kehidupan sehari- harinya, penanaman nilai-nilai kejujuran menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan. Hadirnya program Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin, diharapkan dapat melaksanakan kegitan-kegitan yang islami dan dapat melaksankan program pembinaan yang terarah, bertahap dan berkelanjutan untuk memberi pemahaman Islam yang menyeluruh serta membangun suasana yang kondusif untuk menanamkan nilai- nilai kejujuran mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai kejujuran mahasiswa di Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pananaman nilai-nilai kejujuran mahasiswa di Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan analisis deskriftif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Murabbi dan Musyrifah asrama 1 puteri Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah penanaman nilai-nilai kejujuran mahasiswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses penanaman nilai-nilai kejujuran mahasiswa di asrama 1 puteri Ma’had Al- Jami’ah. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data di lapangan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun pengolahan data dilakukan dengan editing, reduksi data dan interpretasi data, sedangkan analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa metode yang diterapkan oleh Murabbi dan Muysrifah dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran mahasantriwatinya, yaitu melalui metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat dan metode hukuman. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penanaman nilai-nilai kejujuran adalah faktor kesadaran diri para mahasantriwati, faktor lingkungan dan faktor motivasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Hidayaty Hidayaty Noparida Hidayaty Noparida
Date Deposited: 29 Jun 2021 00:01
Last Modified: 29 Jun 2021 00:01
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16352

Actions (login required)

View Item View Item