EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bacaan Al-Qur`an Siswa SMK Insan Sarjana Farmasi Indonesia (ISFI) Banjarmasin

Sari, Ema Yunita (2021) Bacaan Al-Qur`an Siswa SMK Insan Sarjana Farmasi Indonesia (ISFI) Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (872kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (815kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (954kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (364kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (468kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang masalah penelitian ini berangkat dari semakin bertambahnya lembaga pendidikan formal yang didalamnya diterapkan program tahfizh. Salah satunya di Kota Banjarmasin, terdapat sebuah lembaga pendidikan formal yang mencoba memadukan kurikulum formal dan tahfizh Al-Qur`an, yaitu Sekolah Menengah Kejuruan Insan Sarjana Farmasi Indonesia Banjarmasin atau biasa di disingkat SMK ISFI Banjarmasin. Uniknya SMK ISFI Banjarmasin ini bukan merupakan sebuah lembaga pendidikan formal berbasis Islam seperti sekolahsekolah lain yang terdapat program tahfizh didalamnya.Dalam menghafal AlQur`an tentunya di perlukan bacaan yang berkualitas dan sesuai dengan kaidahkaidah hukum tajwid. Para ulama sudah mengingatkan bahwa hal terpenting yang dilakukan seseorang sebelum menghafal Al-Qur`an adalah memperbaiki bacaan, karena ketika seseorang sudah menghafal Al-Qur`an namun ia masih kesulitan dalam pengucapan yang benar akan berakibat fatal terhadap ayat Al-Qur`an yang dihafalkannya, misalnya menghafal bacaan yang keliru. Sehingga seharusnya sebelum menghafal Al-Qur`an seseorang harus mempunyai kualitas bacaan AlQur`an yang bagus yang sesuai dengan kaidah-kaidah hukum tajwid. Berdasarkan latarbelakang tersebut, pokok masalah yang dijadikan acuan penulis dalam penelitian ini adalah bagaimana kefasihan bacaan Al-Qur`an yaitu, makhraj alhurûf, shifât al- hurûf, hukum mad, dan hukum gunnah dan bagaimana kelancaran bacaan Al-Qur`an siswa SMK ISFI Banjarmasin dalam membaca Al-Qur`an. Penelitian ini merupakan penelitian yang berbentuk lapangan (Fiel Recearch), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Yang menjadi data dalam penelitian ini adalah bacaan Al-Qur`an siswa SMK ISFI Banjarmasin. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa SMK ISFI Banjarmasin kelas XI (sebelas) jurusan Farmasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 18 orang. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kefasihan bacaan Al-Qur`an siswa SMK ISFI Banjarmasin kelas XI jurusan Farmasi termasuk dalam kategori kefasihan bacaan Al-Qur`an yang sedang dengan nilai rata-rata 77,3 (B+) dan kelancaran bacaaan Al-Qur`an yang sangat lancar dengan nilai rata-rata 83,1 (A+).

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2021 00:49
Last Modified: 09 Jul 2021 00:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16436

Actions (login required)

View Item View Item