EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENDIDIKAN AKHLAK YANG TERKANDUNG DALAM SURAH AL-MAIDAH AYAT 8-11 (TELAAH KITAB TAFSIR AL-AZHAR) Skripsi

Kasmita, Kasmita (2021) PENDIDIKAN AKHLAK YANG TERKANDUNG DALAM SURAH AL-MAIDAH AYAT 8-11 (TELAAH KITAB TAFSIR AL-AZHAR) Skripsi. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (292kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Alqur`an adalah sumber utama dalam ajaran Islam dan merupakan pedoman hidup bagi seriap muslim. Alqur`an bukan sekedar membuat petunjuk tentang hubungan manusia dengan Tuhannya, tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan sesamanya, bahkan hubungan manusia dengan alam sekitarnya. Untuk memahami ajaran Islam secara sempurna kaffah, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami isi Alqur`an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari secara sungguh-sungguh dan konsisten. Berangkat dari hal tersebut, perlu kiranya membahas pendidikan Akhlak dalam Alqur`an yang diharapkan mampu menjadi pedoman bagi orang tua, lembaga pendidikan dan masyarakat untuk dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari dalam surah Al-Maidah 8-11 (telaah kitab tafsir al-azhar). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakanan (library research). Adapun subjek penelitian ini para mufassir dalam tafsir Al-Azhar, sedangkan objek penelitian ini pendidikan akhlak dalam surah al-Maidah ayat 8-11. metode dokumentasi dengan mempelajari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah kita suci Al-qur`an, Tafsir al-Azhar. Teknik yang digunakan survey kepustakaan dan studi literatur. Analisis data di gunakan dalam penelitian adalah tafsir maudhu`i yaitu menghimpun ayat untuk kemudian melakukan penalaran terhadap isi kandungannya menurut cara-cara tertentu, menjelaskan maknanya dan menegluarkan unsur-unsurnya serta menghubungkan yang satu dengan lainnya. Berdasarkan data hasil yang diperoleh bahwa pendidikan akhlak dalam surah al-Maidah ayat 8-11(telaah kitab tafsir al-Azhat) yaitu hendaklah selalu menegakkan keadilan (jujur) tidak memihak siapapun, Allah Swt menjanjikan orang beriman dan beramal shalih dapat ampunan, dan sebaliknya orang yang kufur dan mendustakan ayat-ayat kami mendapat siksaan, dan selalu bertakwa dan bertawakkal kepada Allah Swt.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 15 Jul 2021 02:47
Last Modified: 15 Jul 2021 02:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16487

Actions (login required)

View Item View Item