EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KORELASI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KEDISIPLINAN GURU (PADA MAN 1 DAN MAN 3 BANJARMASIN)

Shofa, Audia Inayatus (2021) KORELASI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KEDISIPLINAN GURU (PADA MAN 1 DAN MAN 3 BANJARMASIN). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (390kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauhmana gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kedisiplinan guru serta untuk mengetahui apakah ada korelasi yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kedisiplinan guru di MAN 1 dan MAN 3 Banjarmasin dengan tiga rumusan masalah yaitu sejauhmana gaya kepemimpinan kepala sekolah, sejauhmana kedisiplinan guru, dan apakah ada korelasi yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kedisiplinan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini mengkaji gaya kepemimpinan kepala sekolah sebagai variabel bebas (X) dan kedisiplinan guru sebagai variabel terikat (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di MAN 1 dan MAN 3 Banjarmasin dengan jumlah sebanyak 120 orang, sedangkan sample penelitian ini adalah sebagian guru, yang sudah dihitung dengan menggunakan rumus Taro Yamane sehingga didapatkan hasilnya yaitu sebanyak 92 orang guru di MAN 1 dan MAN 3 Banjarmasin yang diambil secara purposive random sampling. Teknik penggalian data yang digunakan adalah dengan angket skala pengukuran dengan mengacu pada skala likert. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis uji coba instrument, uji asumsi klasik dan uji hipotesis berupa uji chi square dengan menggunakan bantuan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah di MAN 1 dan MAN 3 Banjarmasin dapat ditunjukkan nilai rata-rata (mean) sebesar 53,89, sehingga gaya kepemimpinan kepala sekolah berada pada kategori sedang dengan persentase 75%, sedangkan pada kedisiplinan guru di MAN 1 dan MAN 3 Banjarmasin dapat ditunjukkan nilai rata-rata (mean) sebesar 72,97, sehingga kedisiplinan guru berada pada kategori sedang dengan persentase 43,5%. Kemudian hasil terakhir menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kedisiplinan guru pada MAN 1 dan MAN 3 Banjarmasin dengan nilai Asymp. Sig. (2-sided) dari Pearson Chi Square sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05, maka sesuai dengan dasar pengambilam keputusan dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat korelasi yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kedisiplinan guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 30 Jul 2021 00:31
Last Modified: 30 Jul 2021 00:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16653

Actions (login required)

View Item View Item