EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PEMENUHAN FASILITAS HAK TUNA NETRA DALAM PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019 DI KOTA BANJARMASIN

Saputro, Juriatma Joko (2021) PEMENUHAN FASILITAS HAK TUNA NETRA DALAM PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019 DI KOTA BANJARMASIN. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN - JURIATMA JOKO SAPUTRO.pdf

Download (136kB)
[img] Text
AWAL - JURIATMA JOKO SAPUTRO.pdf

Download (895kB)
[img] Text
ABSTRAK - JURIATMA JOKO SAPUTRO.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I - JURIATMA JOKO SAPUTRO.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB II - JURIATMA JOKO SAPUTRO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
BAB III - JURIATMA JOKO SAPUTRO.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB IV - JURIATMA JOKO SAPUTRO.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB V - JURIATMA JOKO SAPUTRO.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - JURIATMA JOKO SAPUTRO.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN - JURIATMA JOKO SAUTRO.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dari banyaknya penyandang disabilitas tuna netra mengeluh akan ketidaknyamanan saat pelaksanaan Pemilu seperti tidak adanya template braille bahkan dengan terbatasnya template braille suara mereka juga sudah tidak menjadi rahasia lagi karena dibantu pendamping mencoblos. Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya pemenuhan fasilitas hak tuna netra dalam Pemilu tahun 2019, serta ingin mengetahui kendala yang mempengaruhiterhadap pemenuhan fasilitas hak tuna netra dalam Pemilu tahun 2019 di Kota Banjarmasin. Penelitian iini imerupakan ipenelitian ihukum iempiris idengan ipendekatan ideskriptif ikualitatif ikemudian idisajikan isecara ideskriptif, iyaitu idengan imengurai, imenjelaskan, idan imenggambarkan isesuai idengan ipermasalahan iyang ierat idengan ipenelitian iini. iPeneliti idalam imengumpulkan idata imenggunakan iteknik iwawancaraikepadai3iinformanidanidokumentasi. iSetelahidataiterkumpulikemudian idiolah imelalui iproses iediting, ideskripsi idan imengumpulkannya ikedalam ibentuk imatrik. iKemudian idata itersebut idianalisisimenggunakan ianalisisikualitatifidengan imengarah ipada ilandasan iteori iyaitu iteori iHak iAsasi iManusia i(HAM), iPemilihan iUmumi(Pemilu), idaniPenyandangiDisabilitas. Hasil penelitian adalah bahwa upaya pemenuhan fasilitas hak tuna netra dalam Pemilu tahun 2019 di Kota Banjarmasin yang dilakukan oleh KPU Kota Banjarmasin sudah dilaksanakan, seperti mendaftarkan penyandang disabilitas tuna netra ke daftar pemilih Pemilu 2019, Menyediakan template braille, Melakukan sosialisasi yang bekerjasama dengan organisasi penyandang disabilitas yaitu PPDI, dan menyediakan pendamping untuk membantu penyandang disabilitas. Berdasarkan hasil analisis peneliti bahwa dalam pelaksanaan pemenuhan fasilitas yang dilakukan oleh KPU Kota Banjarmasin masih kurang maksimal dimana banyak disabilitas yang tidak terdaftar dalam Pemilu tahun 2019, hak suara mereka tidak diperhatikan dan dianggap remeh, tidak adanya template braille, sosialisasi yang diberikan tidak menjelaskan pelaksanaan Pemilu khusus disabilitas, sehingga para penyandang disabilitas tuna netra masih kebingungan, dan banyak pendamping yang tidak memahami kebutuhan penyandang disabilitas. Kendala yang dihadapi dalam pemenuhan fasilitas hak tuna netra dalam Pemilu tahun 2019 adalah keluarga dan penyandang disabilitas masih tertutup serta aturan KPU yang tidak memperbolehkan mencoblos di rumah kecuali sakit. Berdasarkan hasil analisis peneliti terjadinya kendala penyandang disabilitas tertutup mengenai informasi diri dan enggan pergi ke TPS itu karena Pemilu yang diselenggarakan KPU Kota Banjarmasin kurang berkualitas dan tidak dapat menjamin hak politik penyandang disabilitas terutama tuna netra.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 30 Jul 2021 06:38
Last Modified: 30 Jul 2021 06:38
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16660

Actions (login required)

View Item View Item