EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

pemikiran Habiburrahman tentang Ahli Waris pengganti Pada Pasal 185 Komplasi Hukum Islam

CHOLIL, MUHAMMAD (2021) pemikiran Habiburrahman tentang Ahli Waris pengganti Pada Pasal 185 Komplasi Hukum Islam. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (33kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (827kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (791kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (356kB)

ABSTRAK

Ahli waris pengganti adalah seorang cucu baik ia laki laki atau perempuan pancar laki laki atau pancar perempuan yang orang tuanya meninggal lebih dahulu dari pada pewaris. Jadi sang cucu yang orang tuanya lebih dahulu meninggal tadi tampil sebagai ahli waris menggantikan kedudukan orang tuanya. Menurut fiqih waris pada umumnya tidak dikenal atau tidak ada yang namanya ahli waris ini.Dengan adanya ketentuan ini agar terciptanya kemaslahatan bagi sang cucu yang terhijab oleh saudara ayahnya yang ayahnya meninggal lebih dahulu atau dia yang berststus żāwil arḥam. Ketentuan ini terdapat pada pasal 185 Kompilasi hukum islam.Namun Habiburrahman mempunyai pandangan lain terhadap ketentuan ahli waris pengganti ini yang mana Habiburrahman mengatakan harus adanya Rekonstruksi pada pasal ini. Adapun rumusan masalah yang ada pada penelitian ini adalah bagaimana pemikiran Habiburrahman tentang ahli waris pengganti yang tertuang pada pasal 185 KHI dan mengapa Habiburrahman berpegang teguh pada pendapatnya rekonstruksi hukum kewarisan Islam di Indonesia. Penelitian ini adalah jenis penelitian normatif, atau penelitian yang mengkaji bahan pustaka yang berkaitan dengan pemikiran Habiburrahman. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskritif berupa kata-kata tertulis. Berdasarkan metode yang digunakan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: pertama, ketentuan ahli waris pengganti yang termuat di pasal 185 Kompilasi Hukum Islam ini berasal dari pemikiran Hazairin yang mengambil dasar dari kata mawālli yang ada di al-Quran surah Annisa [4] ayat : 33. Hal ini benar yang dikatakan Habiburrahman bahwa Hazairin dalam mengartikan ayat ini berbeda dengan pendapat ulama terdahulu dikarnakan Hazairin terlalu mengedepankan kondisi adat yang ada di indonesia dan bertentangan dengan maqāṣḥid assyari‟ah terutama pada memelihara agama (ḥifẓ din). Kedua, putusan atau penetapan pengadilan agama yang berkaitan dengan ahli waris ataupun ahli waris pengganti terkadang terdapat kekacauan dalam hal pertimbangan hukum. Yang dimaksud yaitu atara pertimbanga hukum dan amar putusan tidak singkron, dikarenakan terdapat pasal yang tidak sesuai atau keliru dalam mengartikan atau mendefinisikan. Sehingga dari situ muncul lah gagasan dari Habiburahman untuk merekonstruksi Kompilasi Hukum Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2021 04:20
Last Modified: 02 Aug 2021 04:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16703

Actions (login required)

View Item View Item