EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PRAKTIK PEMBAYARAN ZAKAT MELALUI HILAH DI DESA LOK BAINTAN KECAMATAN SUNGAI TABUK KABUPATEN BANJAR

Zaini, Muhammad (2021) PRAKTIK PEMBAYARAN ZAKAT MELALUI HILAH DI DESA LOK BAINTAN KECAMATAN SUNGAI TABUK KABUPATEN BANJAR. Skripsi, Syariah.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (808kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (486kB)
[img] Text
5. Bab II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (133kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (534kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)

ABSTRAK

Latar belakang masalah ini dilandasi oleh adanya praktik pembayaran zakat melalui hilah, yaitu pembayaran zakat secara simbolis dimana muzaki setelah memberikan semua harta zakat tersebut kepada mustahik kemudian diambil lagi sebagian besarnya, sehingga terkesan sudah ditunaikan kewajibannya, oleh sebab itu perlu adanya penelitian terhadap praktik pembayaran zakat seperti ini. Adapun tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik pembayaran zakat melalui hilah di Desa Lok Baintan serta apa yang menjadi motivasi sehingga melakukan praktik tersebut. Metode penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif melalui pendekatan normatif-empiris. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara. Kemudian data yang telah didapat tersebut diolah melalui proses editing, kategorisasi, deskripsi dan transliterasi hingga akhirnya data tersebut dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, bahwa praktik pembayaran zakat melalui hilah: pertama; muzakinya memang tergolong wajib zakat, kedua; harta mereka termasuk harta yang wajib dizakat yaitu hasil pertanian dan perdagangan, ketiga; Penyaluran zakat melalui hilah secara yuridis formal sah saja namun masih jauh dari maqashid syariah zakat yaitu memenuhi kebutuhan mendasar para mustahik zakat atau kebutuhan d}aruriyah, keempat; Tujuan muzaki berzakat dengan cara hilah adalah supaya lebih leluasa dalam penyaluran zakatnya, kelima; orang yang berfungsi sebagai penerima zakat dengan cara hilah ada tiga orang yang termasuk mustahik zakat dari kelompok fi sabi lillah dan faqir. Adapun motivasi mereka berzakat melalui hilah adalah: pertama; dorongan oleh kebiasaan kebiasaan orang terdahulu, kedua; dorongan oleh kebiasaan-kebiasaan orang yang disekitar, ketiga; dorongan oleh nilai bahwa apabila berzakat dengan cara hilah ini pelaksanaan zakat akan menjadi lebih berhati-hati dalam hal penyalurannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 02 Aug 2021 03:55
Last Modified: 02 Aug 2021 03:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16709

Actions (login required)

View Item View Item