EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Keluarga Petani Kelapa Sawit di Desa Rungau Raya Kecamatan Danau Seluluk Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah (Analisis Perspektif Gender)

Islamiyah, Nur (2021) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Keluarga Petani Kelapa Sawit di Desa Rungau Raya Kecamatan Danau Seluluk Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah (Analisis Perspektif Gender). Tesis, Pascasarjana. (Unpublished) (Unpublished) (Unpublished)

[img] Text
Pernyataan Keaslian Isla.pdf

Download (95kB)
[img] Text
AWAL (4).pdf

Download (509kB)
[img] Text
ABSTRAK (4).pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I (4).pdf

Download (346kB)
[img] Text
Bab II (13).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
BAB III (3).pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV (3).pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB V (3).pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (3).pdf

Download (231kB)
[img] Text
LAMPRAN.pdf

Download (171kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi karena seorang pendidik merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan untuk terselenggaranya proses dan keberhasilan pendidikan yang agama berkualitas. Orang tua sebagai pendidik pertama dan utama memegang peranan yang sangat besar dan penting bagi keberhasilan pendidikan terutama pendidikan akhlak. Dikatakan demikian karena dari orang tuanya anak pertama kali mendapatkan pendidikan yang ia peroleh sejak kecil melalui keteladanan dan kebiasaan hidup sehari-hari, yang nantinya dapat dikembangkan oleh lembaga pendidikan lainnya. Jenis penelitian ini adalah field research, yaitu penelitian dengan cara terjun langsung ke lokasi penelitian untuk mengamati dan memperoleh informasi mengenai Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Keluarga Petani Kelapa Sawit di Desa Rungau Raya Kecamatan Danau Seluluk Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah”. Penelitian lapangan ini bersifat deskriptif, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif . Subjek penelitian ini adalah orang tua yang berprofesi sebagai petani kelapa sawit di Desa Rungau Raya Kecamatan Danau Seluluk Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah yang terdiri dari 3 orang ayah dan 5 orang ibu petani kelapa sawit. Sedangkan objek penelitian ini adalah Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Keluarga Petani Kelapa Sawit di Desa Rungau Raya Kecamatan Danau Seluluk Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan ialah secara kualitatif, sedangkan teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini adalah peluang anak laki-laki dan perempuan dalam mendapatkan pendidikan agama Islam pada keluarga petani kelapa sawit di Desa Rungau Raya Kecamatan Danau Seluluk Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah adalah sama tidak ada perbedaan antara anak laki-laki maupun perempuan dalam mendapatkan pendidikan agama. Dalam hal partisispasi anak perempuan lebih antusias dan lebih diutamakan untuk mendapatkan pendidikan agama daripada anak laki-laki hal ini dikarenakan anak laki-laki lebih sibuk bekerja dan bermain. Untuk kontrol anak laki-laki dan perempuan ialah anak perempuan lebih banyak memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan agama daripada anak lakilaki karena anak perempuan lebih dapat diatur daripada anak laki-laki. Sedangkan Manfaat yang didapat oleh kedua orang tua ialah anak-anak memiliki wawasan maupun ilmu agama yang lebih banyak, anak-anak memiliki sikap atau perilaku yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr Ahdie Anwary
Date Deposited: 05 Aug 2021 06:26
Last Modified: 05 Aug 2021 06:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16798

Actions (login required)

View Item View Item