EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PEMAKNAAN NILAI ILAHIAH IMANIAH PADA PARA IBU DARI ANAK PENYANDANG DISABILITAS KONGENITAL

Anshari, M. (2021) PEMAKNAAN NILAI ILAHIAH IMANIAH PADA PARA IBU DARI ANAK PENYANDANG DISABILITAS KONGENITAL. Disertasi, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (270kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (847kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (451kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP lampiran .pdf

Download (330kB)

ABSTRAK

Menjadi orang tua dengan anak penyandang disabilitas kongenital, memiliki konsekuensi pribadi dan konsekuensi sosial, kedua konsekuensi tersebut menjadikan para orang tua terdorong dan termotivasi untuk mengeksplorasi nilai Ilahiah Imaniah dengan melalui proses pemahaman, penghayatan dan pemaknaan terhadap nilai Ilahiah Imaniah sejumlah proses tersebut melahirkan pengalaman esoteris tersendiri. Penelitian tentang hidup dan pengalaman keagamaan ditangkap melalui penangkapan fakta- fakta untuk mengungkap makna terdalam dan sejauh mana nilai tersebut dimiliki individu orang tua yang memiliki anak penyandang disabilitas kongenital. Jenis Penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif digunakan untuk mengungkap nilai yang terdalam pada orang tua. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dalam situasi alamiah (natural) dengan tipe observasi observer as participant dengan masuk ke dalam kelompok para orang tua dan secara terbuka menyatakan identitas diri sebagai observer. Teknik pengumpulan data selanjutnya dilakukan wawancara dengan jenis semi terstruktur dengan teknik wawancara mendalam pada pengumpulan data, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para keluarga yang memiliki anak dengan penyandang disabilitas kongenital terdorong dan termotivasi untuk mengeksplorasi nilai Ilahiah Imaniah melalui proses pemahaman, penghayatan, dan pemaknaan terhadap nilai Ilahiah Imaniah. Dalam prosesnya terdapat beragam pemaknaan dan tahapan dalam memaknai nilai Ilahiah Imaniah, ragam pemaknaan nilai Ilahiah Imaniah, yaitu: memiliki anak disabilitas merupakan hukuman Allah terhadap dosa, takdir Allah, ujian keimanan dari Allah, dan anugerah dari Allah. Adapun tahapan pemaknaan nilai Ilahiah Imaniah yang dialami para ibu dari anak penyandang disabilitas kongenital melalui dua tahapan, yakni: tahapan negatif dan tahapan positif. Tahapan negatif merupakan momen pengalaman negatif seperti: kesedihan dan penyangkalan, kepercayaan terhadap moral tabu dimasyarakat, dan persoalan teodisi (keadilan Allah) yang menjadi puncak dari momen pengalaman negatif. Tahapan positif merupakan momen pengalaman konversi pengalaman kegamaan yang kemudian meyakini sepenuhnya bahwa kondisi disabilitas kongenital anak mereka merupakan takdir Allah yang telah ditetapkan dan tidak dapat dirubah, selanjutnya tumbuh nilai dari para ibu bahwa kondisi disabilitas kongenital anak mereka merupakan ujian keimanan yang Allah berikan kepada mereka yang tidak diberikan kepada para ibu lainnya, dan selanjutnya setalah menghayati dan memaknai takdir dan ujian keimanan tumbuh nilai selanjutnya yakni anak kondisi disabilitas kongenital merupakan anugerah khusus yang Allah berikan kepada mereka.

Item Type: Disertasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 05 Aug 2021 07:51
Last Modified: 05 Aug 2021 07:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16801

Actions (login required)

View Item View Item