EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

STUDI KASUS KEIKHLASAN ORANG TUA YANG MEMILIKI DUA ANAK DENGAN AUTISME

Abdussamad, Abdussamad (2021) STUDI KASUS KEIKHLASAN ORANG TUA YANG MEMILIKI DUA ANAK DENGAN AUTISME. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (127kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (656kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Setiap orang tua menginginkan anaknya terlahir dalam keadaan sempurna tanpa ada kekurangan fisik maupun psikis. Namun, tidak semua yang manusia inginkan dapat menjadi kenyataan, misalnya anak mengalami gangguan autisme. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti diketahui ada orang tua yang bisa menerima anaknya dengan keadaan autisme dan masih ada orang tua yang belum bisa menerima anaknya dengan keadaan autisme. Sehingga penelitian ini untuk mengetahui hal yang serupa dengan penerimaan, namun dalam kajian Psikologi Islam yakni proses keikhlasan orang tua yang memiliki dua anak dengan autisme dan faktor yang mempengaruhi keikhlasan orang tua yang memiliki dua anak dengan autisme. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini ialah sepasang suami istri yang beragama Islam dan memiliki dua anak berkebutuhan khusus yang mana anak tersebut didiagnosa autisme dan sedang menjalani terapi di Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusi (PLDPI) Provinsi Kalimantan Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses menuju keikhlasan sepasang suami istri ini terdapat perbedaan. Saat mengetahui hasil diagnosa, respon pertama yang ditunjukkan suami ialah emosi positif. Meskipun sempat kaget, namun ia dapat mengendalikan emosi bahwa apa yang terjadi pada anaknya merupakan ketentuan Allah Swt sehingga bagaimanapun kondisinya ia harus tetap menerimanya. Sedangkan respon yang ditunjukkan istri adalah emosi negatif yakni perasaan sedih dan gelisah. Ia juga mengaku merasakan ‘depresi’ seperti down dan stress karena mendapat pernyataan dari pihak-pihak tertentu yang seolah menyalahkan dirinya atas penyakit yang di derita anaknya. Membutuhkan waktu selama dua minggu baginya untuk meyakinkan diri bahwa bagaimanapun kondisi anaknya tetap saja merupakan titipan dari Allah Swt dan ia pasti bisa menjaganya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keikhlasan orang tua yang memiliki dua anak dengan autisme dalam penelitian ini ialah dipengaruhi oleh pemahaman agama, sabar, syukur, keyakinan dan tawakkal.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 09 Aug 2021 05:38
Last Modified: 09 Aug 2021 05:38
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16899

Actions (login required)

View Item View Item