EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Boarding School dalam Pengembangan Mutu Pendidikan di MAN 4 Banjar Kalimantan Selatan

Madani, Akhmad (2021) Manajemen Boarding School dalam Pengembangan Mutu Pendidikan di MAN 4 Banjar Kalimantan Selatan. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (29kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana dunia pendidikan melakukan inovasi dengan konsep boarding school untuk mengatasi pengaruh negatif yang muncul agar mutu pendidikan dapat berkembang. Oleh karenanya manajemen boarding school dalam pengembangan mutu pendidikan perlu dilaksanakan dengan efektif dan efisien, khususnya di MAN 4 Banjar Kalimantan Selatan. Penelitian ini berfokus pada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan monitoring program boarding school dalam pengembangan mutu pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Perencanaan program boarding school, (2) Pengorganisasian program boarding school, (3) Pelaksanaan program boarding school, (4) Monitoring program boarding school dalam pengembangan mutu pendidikan di MAN 4 Banjar Kalimantan Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan subjek penelitian kepala sekolah, pembina asrama dan tenaga kependidikan yang berobjek pada manajemen boarding school seperti pelaksanaan dan pengembangan manajemen asrama sekolah dalam pengembangan mutu pendidikan. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan manajemen boarding school di MAN 4 Banjar Kalimantan Selatan meliputi: (1) perencanaan dilakukan dengan baik seperti pengadministrasian dan penyusunan kegiatan telah tercantum dalam buku panduan asrama MAN 4 Banjar Kalimantan Selatan; (2) pengorganisasian boarding school dibawah naungan MAN 4 Banjar Kalimantan Selatan dengan struktur terpisah dan sudah mempunyai tugas sesuai surat keputusan kepala madrasah; (3) pelaksanaan sudah dilakukan dengan baik dan berjalan lancar sesuai dengan panduan asrama MAN 4 Banjar Kalimantan Selatan; (4) Monitoring kegiatan program boarding school dalam pengembangan mutu pendidikan di MAN 4 Banjar Kalimantan Selatan dilakukan pada tiga aspek pengembangan, yaitu: Pertama pengembangan kehidupan keagamaan yang diarahkan pada upaya memunculkan kesadaran, partisipasi dan tanggung jawab pribadi peserta didik sebagai calaon pemimpin masa depan. Kedua pengembangan kehidupan keasramaan dimaksudkan sebagai bentuk “learning from religion” yaitu aktualisasi nilai-nilai keagamaan dalam konteks kehidupan sehari-hari sebagai makhluk pribadi dan makhluk sosial. Ketiga pengembangan kebahasaan yang mana dilakukan secara maksimal dalam kehidupan sehari-hari untuk memperkaya kosakata Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 16 Aug 2021 01:10
Last Modified: 16 Aug 2021 01:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17020

Actions (login required)

View Item View Item