EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

POLA PENGASUHAN ORANG TUA TERHADAP ANAK PENGHAFAL AL-QUR’AN 30 JUZ PADA USIA ANTARA 0 – 10 TAHUN

Amrie, H. M. Abduh (2021) POLA PENGASUHAN ORANG TUA TERHADAP ANAK PENGHAFAL AL-QUR’AN 30 JUZ PADA USIA ANTARA 0 – 10 TAHUN. Disertasi, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (917kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya anggapan bahwa menghafal Al-Qur’an itu susah dan sulit apalagi bagi anak-anak usia 0-10 tahun, sehingga tidak banyak orang yang hafal Al-Qur’an, bahkan sampai tua. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah karena lambatnya orang bisa membaca Al-Qur’an, terutama sebelum ditemukannya Metode Iqra’. Namun 10 tahun terakhir ini umat Islam maju satu langkah lagi dengan menjamurnya hâfizh-hâfizhah cilik di berbagai negara, termasuk Indonesia. Menurut asumsi semantara bahwa hal ini disebabkan adanya pola pengasuhan orang tua terhadap anak yang sesuai dengan sunah Nabi Saw, didukung oleh tingkat pendidikan orang tua, kecintaan anak kepada Al-Qur’an, metode menghafal yang mutakhir, dan kedisiplinan yang tinggi bagi orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil hâfizh-hâfizhah usia 0-10 tahun dan orang tua mereka, pola pengasuhan yang diterapkan orang tua, dan faktor- faktor pendukung sehingga anak cepat dan mudah dalam proses menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research), desain atau metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan paradigma fenomenologis. Adapun Teknik analisis datanya dengan mengintrodusir dari Miles and Huberman, yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi. Objek penelitiannya adalah profil anak dan orang tuanya, pola pengasuhan orang tua dan faktor pendukung yang membuat anak cepat dan mudah hafal Al-Qur’an 30 juz. Sedangkan subjeknya adalah 18 orang keluarga (orang tua) hâfizh/hâfizhah Al-Qur’an 30 Juz dalam rentang usia 0-10 tahun, terdiri 15 orang tua dalam negeri Indonesia dan 3 orang tua luar negeri. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa, pola pengasuhan orang tua untuk menciptakan anak menjadi hâfizh-hâfizhah usia 0-10 tahun meliputi 2 tahapan, yaitu pranatal dan postnatal. Beberapa pola pengasuhan yang membuat anak cepat dan mudah menghafal baik saat pranatal maupun postnatal ini terbagi kepada 4 kategori, yaitu: faktor biologis, faktor psikologis, faktor sosial, dan faktor spiritual. Pada faktor biologis baik saat pranatal maupun postnatal dapat diketahui dari makanan yang dikonsumsi, sedangkan pada faktor psikologis dapat diketahui dari metode dan motivasi anak serta orang tuanya, pada faktor sosiologis dapat diketahui dari interaksi anak dengan orang tua dan lingkungan sekitarnya, dan pada faktor spiritual dapat diketahui dari do’a dan ritual yang dilaksanakan. Adapun faktor pendukung yang membantu terwujudnya anak menjadi hâfizh/hâfizhah usia 0-10 tahun meliputi; kecerdasan anak, status pendidikan orang tua, lingkungan keluarga yang qur’ani, sosial-ekonomi, dan keagamaan.

Item Type: Disertasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 18 Aug 2021 00:28
Last Modified: 18 Aug 2021 00:28
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17050

Actions (login required)

View Item View Item