EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERAN PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA KELOMPOK A DI TK NEGERI PEMBINA BANJARMASIN TIMUR

Yanti, Sri (2021) PERAN PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA KELOMPOK A DI TK NEGERI PEMBINA BANJARMASIN TIMUR. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
KEASLIAN TULISAN SRI YANTI 1.pdf

Download (182kB)
[img] Text
AWAL SRI YANTI.pdf

Download (696kB)
[img] Text
ABSTRAK SRI YANTI.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I SRI YANTI.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB II SRI YANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
BAB III SRI YANTI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV DRI YANTI.pdf

Download (736kB)
[img] Text
BAB V SRI YANTI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SRI YANTI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN SRI YANTI.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan inklusi yang memberikan kesempatan bagi semua anak untuk belajar bersama di sekolah yang sama tanpa adanya perbedaan antar anak, dan bagaimana peran pendidik dalam memberikan pelayanan pendidikan dan memfasilitasi anak berkebutuhan khusus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peran pendidik dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus di TK. Negeri Pembina Banjarmasin Timur yang meliputi perencanaan pembelajaran seperti Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH) dan Program Pembelajaran Individual (PPI), pelaksanaan pembelajaran seperti strategi, metode, dan media yang digunakan selama kegiatan pembelajaran, evaluasi yaitu penilaian yang dilakukan oleh pendidik kepada anak berkebutuhan khusus, faktor pendukung dan faktor penghambat pendidik dalam pembelajaran kepada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskripsi, yakni memaparkan seluruh kejadian dan gejala-gejala yang muncul pada saat penelitian yang dilakukan di lapangan. Objek penelitian adalah peran pendidik dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus pada kelompok A di TK. Negeri Pembina Banjarmasin Timur, sedangkan subjek penelitian adalah pendidik dan anak berkebutuhan khusus dengan jenis satu anak berkebutuhan khusus jenis autis, satu anak berkebutuhan khusus dengan jenis hiperaktif dan dua anak berkebutuhan khusus dengan jenis hambatan berbicara (speech delay). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa anak berkebutuhan khusus menerima pembelajaran dari guru kelas yang memiliki latar belakang pendidikan luar biasa (PLB) dan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah anak berkebutuhan khusus didampingi oleh orang tua serta anak berkebutuhan khusus mendapatkan haknya untuk mendapatkan pendidikan yang sama dengan anak-anak pada umumnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 23 Aug 2021 06:21
Last Modified: 23 Aug 2021 06:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17110

Actions (login required)

View Item View Item