EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN LINGKUNGAN PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-FALAH DAN DARUL HIJRAH PUTRA

Sanusi, Muhdlari (2021) MANAJEMEN LINGKUNGAN PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-FALAH DAN DARUL HIJRAH PUTRA. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (289kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (830kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (332kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (916kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (496kB)

ABSTRAK

Dunia pendidikan sekarang tengah menghadapi ancaman serius dari lingkungan masyarakat yang tidak steril. Contoh kongkrit dari dampak yang ditimbulkannya adalah terjadinya degradasi moral dan menipisnyanya karakter positif kalangan generasi muda. Oleh karena itu, peluang penanaman nilai-nilai karakter positif pada anak-anak peserta didik mesti dibuka seluas-luasnya oleh segala unsur yang terlibat dalam proses pendidikan, khususnya tenaga pendidik sejak dini. Diantara usaha yang bisa dilakukan, melalui manajemen lingkungan yang baik di pondok pesantren. Untuk mengakomodasi dan memastikan keberhasilan dan ketercapaian secara maksimal dari tujuan-tujuan yang telah ditargetkan, diperlukan manajemen yang baik dalam mewujudkannya. Penelitian ini bertujuan mengkaji lebih dalam sejauh mana manajemen lingkungan pesantren berperan dalam membentuk karakter santri -sebagai salah satu elemen bangsa- di Pondok Pesantren Al-Falah Banjarbaru dan di Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra, Cindai Alus, Kabupaten Banjar, kendala-kendala apa saja yang ditemui dan metode penanganannya, serta karakter apa yang telah terbentuk dan ingin lebih ditingkatkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Pimpinan Pondok Pesantren Al-Falah, Pimpinan Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra, Kepala Madrasah, dewan guru dan santri di kedua pondok pesantren tersebut. Sedangkan objeknya adalah manajemen lingkungan pesantren dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Al�Falah dan Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen lingkungan pesantren dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Al-Falah dan Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra sudah berjalan cukup baik dengan adanya perencanaan yang matang dengan target yang cukup ideal dan realistis. Fungsi manajemen yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan telah diterapkan terkait pembentukan santri yang berkarakter. adapun manajemen kegiatan ekstra dan tata lingkungan dalam membentuk karakter santri memang masih memerlukan pembenahan lagi. Diantara kendala-kendala yang dijumpai di lapangan minimnya jumlah guru yang menetap di pesantren sehingga efektifitas dalam pengawasan rendah, minimnya lokal belajar, kapasitas kamar santri yang overload, serta kurangnya kepedulian orang tua santri untuk kemajuan pendidikan. Akan tetapi, kendala-kendala tersebut bisa diatasi dengan banyak cara, diantaranya: kerjasama yang solid, musyawarah mufakat serta membangun kesadaran unsur pendidik untuk memajukan pendidikan. Sedangkan karakter santri yang menonjol dan ingin ditingkatkan melalui manajemen lingkungan antara lain; kedisiplinan, kemandirian dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Oct 2021 02:57
Last Modified: 01 Oct 2021 02:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17292

Actions (login required)

View Item View Item