EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Perempuan dalam Keluarga Masyarakat Banjar di Banjarmasin

Pahiyah, Pahiyah (2021) Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Perempuan dalam Keluarga Masyarakat Banjar di Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (280kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (957kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (310kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Anak Perempuan, Masyarakat Banjar Pendidikan agama Islam merupakan pelajaran terpenting yang harus diberikan orang tua kepada anak-anaknya, mulai dari mengenalkan hingga mengamalkan ajaran agamanya. Proses pelaksanaannya di dalam lingkungan keluarga berlangsung antara orang tua yang bertanggung jawab atas terselenggaranya pendidikan agama dan anak-anak sebagai sasaran pendidikannya. Pendidikan agama sangat penting dilaksanakan terutama dalam sebuah keluarga sebagai pondasi awal untuk anak dalam menjalani dan menghadapi kehidupan di luar sana agar kelak ia tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang dilarang oleh Allah Swt. Karena bagi siapa saja yang mampu mendidik, memelihara dan memperlakukan anak perempuannya dengan baik, maka akan menjadi pelindung bagi orang tuanya dari api neraka. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini bersifat kualitatif, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah tentang Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Perempuan dalam Keluarga Masyarakat Banjar di Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Banjar yang bertempat tinggal di kota Banjarmasin dan anak perempuan berusia 7-18 tahun. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, tujuan pendidikan fiqih bagi anak perempuan untuk meningkatkan semangat beribadah kepada Allah Swt. Materi yang diajarkan meliputi shalat, puasa, dan memberikan pengetahuan seputar haidh. Kedua, tujuan pendidikan akidah akhlak bagi anak perempuan untuk melatih dan membiasakan anak perempuan dalam bersikap serta memperkokoh keyakinannya terhadap Allah Swt. Materi yang diajarkan meliputi mengajarkan rukun iman dan berprilaku terpuji. Ketiga, tujuan pendidikan Alquran dan Hadits bagi anak perempuan agar gemar membaca Alquran dan Hadits. Materi yang diajarkan meliputi membaca Alquran dengan baik dan benar dan menghafal surah-surah pendek serta doa-doa harian. Keempat, tujuan pendidikan SKI bagi anak perempuan untuk mengenalkan anak mengenai sejarah para Nabi zaman dulu dan menjadikannya sebagai sebuah keteladanan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun materi yang diajarkan meliputi menceritakan kisah para Nabi dan mengajak anak untuk pergi ke Majelis Taklim. Adapun metode yang digunakan adalah metode keteladanan, nasihat, pembiasaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wahidah Wahidah Wahidah
Date Deposited: 12 Oct 2021 01:28
Last Modified: 12 Oct 2021 01:28
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17314

Actions (login required)

View Item View Item