EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MINAT MASYARAKAT MENJADI PENGEMUDI OJEK ONLINE DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN EKONOMI KELUARGA DI BANJARMASIN

Yusup, Muhammad (2021) MINAT MASYARAKAT MENJADI PENGEMUDI OJEK ONLINE DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN EKONOMI KELUARGA DI BANJARMASIN. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (281kB)
[img] Text
AWAL - Muhammad Yusup.pdf

Download (894kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (21kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Transportasi merupakan sarana penghubung yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Setiap aktivitas manusia dapat dengan mudah dan cepat dilakukan jika menggunakan transportasi. Menurut M.Nur Nasution bahwa “Masa perkembangan transportasi terwujud dalam bentuk kemajuan alat angkut selalu mengikuti dan mendorong kemajuan teknologi transportasi”. Transportasi di Indonesia memiliki kemajuan yang cukup pesat. Terlihat dari munculnya berbagai mode transportasi berbasis online pada kota-kota besar di Indonesia. Mode transportasi online yang saat ini cukup terkenal adalah transportasi ojek online. Ojek online merupakan suatu pekerjaan yang termasuk dalam bidang jasa transportasi angkutan umum. Minat masyarakat menjadi pengemudi ojek online dalam memenuhi kebutuhan ekonomi juga banyak ditemukan, khususnya di kota Banjarmasin. Sehingga sangat penting pengkajian lebih lanjut mengenai minat masyarakat menjadi pengemudi ojek online dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga dikota Banjarmasin. Meteode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu metode untuk menemukan secara spesifik dan realistis tentang minat masyarakat Kota Banjarmasin menjadi pengemudi. Dalam penelitian pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan deskriptif-kualitatif artinya data�data yang dikumpulkan bukan berupa angka melainkan data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan memo dan lain-lain. Sehingga yang menjadi tujuan dari penelitian kualitatif ini adalah ingin menggambarkan realita berdasarkan pengalaman dibalik fenomena secara mendalam rinci dan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dengan beberapa para pengemudi ojek online di kota Banjamasin penyebab dan minat yang mempengaruhi masyarakat bekerja menjadi pengemudi ojek online adalah tuntutan ekonomi dan pendapatan lumayan. Tuntutan ekonomi dan butuh perkerjaan,merupakan salah satu alasan karena kebutuhan hidup di Kota Banjarmasin lebih tinggi dan mahal dibandingkan di daerah lain. Bekerja menjadi pengemudi ojek online dikarenakan waktu kerja yang fleksibel, orderan yang lumayan dan menjadi pengemudi ojek online yang gampang. Salah satu penyebab lain adalah orderan yang banyak, hal ini tidak terlepas dari jumlah konsumen atau pengguna ojek online di kota yang cukup banyak. Menurut hasil wawancara dengan pengemudi ojek online yang pernah menjadi pengemudi ojek online di luar kota Banjarmasin. Dari analisis hasil penelitian, peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa bekerja menjadi pengemudi ojek online melalui minat dari dasar teori sektor informal sangat bekontribusi sebagai mata pencaharain ekonomi di Banjarmasin. Minat dan penyebab responden memilih bekerja menjadi pengemudi ojek online di Banjarmasin sangat beragam. Namun yang paling mendasari minat dan penyebab tersebut adalah karena tuntutan ekonomi, butuh pekerjaan, pendapatan lumayan, orderan banyak, waktu fleksibel dan status pekerjaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 14 Mar 2022 08:26
Last Modified: 14 Mar 2022 08:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17470

Actions (login required)

View Item View Item