EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Cara Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid 19 Siswa di SMAN 1 Kota Banjarmasin

Hidayat, Muhammad Rian (2021) Cara Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid 19 Siswa di SMAN 1 Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (286kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (752kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (817kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang cara pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN I Kota Banjarmasin pada masa pandemi covid 19. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran PAI pada masa pandemi covid 19 yang terjadi di SMAN 1 Kota Banjarmasin. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi Covid 19 siswa di SMAN 1 Kota Banjarmasin. Juga untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan proses pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi Covid 19 siswa di SMAN 1 Kota Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan subjek pada penelitian ini adalah 3 orang Guru kelas dan 1 orang perwakilan siswa/i kelas 10/11/12 SMAN 1 Kota Banjarmasin. Objek penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan cara pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid 19 siswa di SMAN 1 Kota Banjarmasin, serta faktor penghambat dan pendukung pelaksanaannya pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid 19 siswa di SMAN 1 Kota Banjarmasin. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian cara pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid 19 siswa di SMAN 1 Kota Banjarmasin adalah Guru PAI melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) kepada siswa/i dengan metode yang digunakan penugasan, ceramah dan tanya jawab. Kurikulum dan RPP lebih dipadatkan, menggunakan aplikasi room class, wa dan zoom, dan kelas bersifat paralel (digabungkan) dengan Guru PAI yang sama. Faktor penghambatnya adalah Guru PAI belum mengusai sepenuhnya IT, praktek sulit diimplementasikan, siswa/i bosan dan kurang disiplin pada PJJ, sulit membimbing moral siswa/i, kurangnya pengawasan siswa/i, dan sinyal provider yang kadang tidak mendukung. Sedangkan faktor pendukungnya adalah sarana prasarana yang memadai, dukungan pemerintah baik peraturan maupun anggaran, serta kemelekan siswa/i terhadap IT yang ikut mendukung PJJ di SMAN 1 Banjarmasin.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 24 Nov 2021 01:53
Last Modified: 24 Nov 2021 01:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17599

Actions (login required)

View Item View Item