EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan Kedudukan Taklik Talak Sebagai Upaya Keberpihakan Kepada Perempuan

Aspihan, M. Noor (2021) Pengembangan Kedudukan Taklik Talak Sebagai Upaya Keberpihakan Kepada Perempuan. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (20kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (895kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (843kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa konsep lembaga taklik talak yang telah berlaku di Indonesia hanya mampu menjamin hak perempuan sebatas urusan kewajiban suami dalam memenuhi hak istri ketika masih hidup bersama dan memberikan kewenangan kepada istri sebagai alasan perceraian dihadapan persidangan. Namun, terdapat hak perempuan yang akan muncul selepas terjadinya perceraian, keterjaminan hak tersebut belum mampu dipenuhi maksimal oleh norma hukum dan ekseskusi pengadilan demi memberikan rasa keadilan bagi pihak perempuan dimasa pasca perceraian. Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan peran taklik talak dalam memenuhi hak perempuan, baik ketika masih hidup bersama ataupun telah berpisah dan mengetahui implikasi hukum apa saja dari pelanggaran taklik talak yang telah dilakukan pengembangan substansi dan pelaksanaannya. Sehingga, peran taklik talak semestinya dapat menjamin hak perempuan walaupun dalam kondisi telah melepaskan ikatan perkawinan. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik sebagai dasar pengembangan taklik talak. Melalui pendekatan yuridis normatif, kedudukan taklik talak dideskrifsikan sebagai norma hukum yang mampu merawat eksistensi keberpihakan kepada perempuan dan anak. Serta melakukan analisa terhadap bahan pustaka atau data sekunder, menginventarisir dan mengidentifikasi peraturan perundang-undangan dan literatur lainnya yang ditelaah secara studi pustaka. Melalui teknik analisis kualitatif, penelitian ini menghasilkan temuan bahwa kedudukan taklik talak secara legalitas mendukung dalam pengembangan utilitas yang berpihak kepada perempuan, pemenuhan mut’ah, pelunasan mahar dan nafkah iddah menjadi bagian baru dari implikasi pelanggaran taklik talak yang diterima suami. Sehingga, penelitian ini diharapkan berguna bagi peneliti lainnya dalam melakukan modifikasi hukum keluarga Islam yang relevan dengan zaman melalui doktrin agama dan norma sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 02 Dec 2021 01:31
Last Modified: 02 Dec 2021 01:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17655

Actions (login required)

View Item View Item