EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGARUH REGULASI DIRI DAN MUHASABAH TERHADAP PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH MAHASISWA

Hanifa, Atiya (2021) PENGARUH REGULASI DIRI DAN MUHASABAH TERHADAP PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH MAHASISWA. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN keaslian tulisan.pdf

Download (189kB)
[img] Text
AWAL Atiya Hanifa.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Skripsi_Atiya Hanifa_BAB 1.pdf

Download (584kB)
[img] Text
Skripsi_Atiya Hanifa_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] Text
Skripsi_Atiya Hanifa_Bab 3.pdf

Download (558kB)
[img] Text
Skripsi_Atiya Hanifa_Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Atiya Hanifa_Bab 5.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Skripsi_Atiya Hanifa_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)
[img] Text
Lampiran Atiya Hanifa.pdf

Download (7MB)

ABSTRAK

Pada masa sekarang ini, banyak hasil survei yang menunjukkan adanya peningkatan perilaku seksual pranikah di kalangan remaja, khususnya mahasiswa. Mahasiswa ialah sebutan untuk seseorang yang sedang menjalani pendidikan di Perguruan Tinggi, terkhusus dalam penelitian ini ialah Perguruan Tinggi Islam. Dalam beberapa penelitian, ditemukan beberapa faktor yang mampu memberikan dampak terhadap perilaku seksual pranikah pada remaja, diantaranya adalah regulasi diri dan muhasabah. Berdasarkan hal tersebut, peneliti terdorong untuk melakukan penelitian tentang Pengaruh Regulasi Diri dan Muhasabah Terhadap Perilaku Seksual Pranikah Mahasiswa. Penelitian ini menerapkan metode penelitian campuran (mixed method) dengan jenis sequential dengan menerapkan pendekatan explanatory. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh mahasiswa Universitas X Banjarmasin angkatan 2017-2020 sebanyak 9.890 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan pendekatan purposive sampling dengan kriterianya, yaitu: 1) Mahasiswa angkatan 2017-2020 Universitas X Banjarmasin. 2) Berstatus belum menikah dan pernah atau sedang memiliki kekasih atau pacar . Ada 101 orang responden yang sesuai kriteria dan bersedia untuk menjadi responden penelitian kuantitatif dan ada 6 orang responden untuk penelitian kualitatif yang dipilih berdasarkan pada tingkat perilaku seksual sedang dan tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert yang dianalisis menggunakan regresi linear berganda melalui program komputer Statictical Packages for Social Science (SPSS) Release 23.0 for window dan menggunakan panduan wawancara yang dinalisis dengan pengkodingan hasil wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Tidak terdapat pengaruh antara regulasi diri terhadap perilaku seksual pranikah mahasiswa dengan taraf signifikansi 0,060 > 0,05 (p value > 0,05) yang didukung oleh hasil analisis data penelitian kualitatif. 2) Terdapat pengaruh antara muhasabah terhadap perilaku seksual pranikah mahasiswa dengan taraf signifikansi 0,012 < 0,05 (p value < 0,05) yang didukung pula oleh hasil analisis data penelitian kualitatif. 3) Terdapat pengaruh antara regulasi diri dan muhasabah terhadap perilaku seksual pranikah dengan taraf signifikansi 0,044 < 0,05 (p value < 0,05) dengan secara bersama-sama memberikan sumbangsih sebesar 6,2% yang juga sejalan dengan hasil analisis data penelitian kualitatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:26
Last Modified: 29 Dec 2021 07:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17822

Actions (login required)

View Item View Item