EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Metode Pendidikan Sosial Anak Menurut Syekh Ja’far Al-Barzanji(1126 H-1177 H)dalam Kitab Al-Barzanji

Annisa, Nor (2022) Metode Pendidikan Sosial Anak Menurut Syekh Ja’far Al-Barzanji(1126 H-1177 H)dalam Kitab Al-Barzanji. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

ABSTRAK

Pendidikan tidak akan pernah terpisahkan dengan kehidupan sosial, karena dimana ada kehidupan sosial pasti ada pendidikan. Persoalan besar yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini adalah merosotnya moral dalam kehidupan sosial yang ditandai dengan semakin banyaknya penyimpangan sosial yang dilakukan oleh anak seperti pembullyan baik dengan kata-kata maupun dengan tindakan dan sebagainya. Maka dari itu kita perlu mengajarkan pendidikan sosial kepada anak sejak dini Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep metode pendidikan sosial anak menurut syekh Ja’far Al-Barzanji (1126H – 1177 H) dalam kitab Al-Barzanji. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu kegiatan penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dan data menggunakan bantuan material yang ada di perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Terdapat dua sumber penelitian yaitu yang pertama data primer berupa kitab Al-Barzanji karya syekh Ja’far Al-Barzanji, yang kedua data sekunder berupa referensi-referensi dari buku-buku lain dan karya ilmiah yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Objek dalam penelitian ini mengenai konsep pendidikan sosial anak menurut syekh Ja’far Al-Barzanji. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat dua buah syair yang menunjukkan pendidikan sosial anak dalam kitab Al-Barzanji yaitu syair pertama membahas tentang bersikap baik dan menghargai orang lain tanpa harus memandang status sosial maupun ekonominya. Syair kedua membahas tentang menyapa orang lain dan cara bersopan santun kepada orang lain. Metode pendidikan sosial anak yang digunakan yaitu metode keteladanan dan metode pembiasaan seperti melatih anak melakukan perbuatan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nur Ridha Lukmana
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:08
Last Modified: 24 Jan 2022 02:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18007

Actions (login required)

View Item View Item