EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PENGELOLAAN PROGRAM KEGIATAN OSIS MAN INSAN CENDEKIA PASER SAAT MASA PANDEMI COVID-19

Fitriadi, M. Reza (2022) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PENGELOLAAN PROGRAM KEGIATAN OSIS MAN INSAN CENDEKIA PASER SAAT MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (297kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (167kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (450kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (32kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Indonesia memasuki masa pandemi covid-19 sejak awal tahun 2020 yang merubah sistem di indonesia, salah satunya sistem pendidikan yang harus diselenggarakan secara daring (dalam jaringan) dan itu yang terjadi pada MAN Insan Cendekia Paser yang menyelenggarakan proses pendidikan secara daring, salah satu proses pendidikan di MAN Insan Cendekia Paser yaitu manajemen kesiswaan, Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen kesiswaan dalam pengelolaan program kegiatan OSIS saat masa pandemi covid-19, pengelolaan tersebut meliputi aspek perencanaan, implementasi, evaluasi, monitoring, dan supervisi, kemudian tujuan lainnya yaitu untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan program kegiatan OSIS saat masa pandemi covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. yaitu penelitian yang lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah, Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis mendalam (indepth analysis), yaitu mengkaji masalah secara kasus perkasus karena metodologi kualitatif yakni sifat suatu masalah satu akan berbeda dengan sifat dari masalah lainnya. karena menekankan pentingnya pemahaman tentang situasi alamiah partisipan, lingkungan, dan tempatnya. Situasinya benar-benar bertumpu pada apa yang nyata dan sesuai dengan fakta, tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara wawancara, untuk wawancara terbagi menjadi dua yaitu wawancara terstruktur dan wawancara snowball sampling, kemudian observasi, dan dokumentasi. setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui reduksi data, display data, dan verfikasi atau penarikan simpulan, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa pengelolaan program kegiatan OSIS saat masa pandemi covid-19 yang meliputi aspek pengelolaan seperti perencanaan, implementasi, monitoring, evaluasi, dan supervisi berjalan dengan semestinya walaupun ada yang maksimal dan kurang maksimal, kemudian terdapat faktor pendukung seperti anggaran dana yang terpenuhi dari setiap program kegiatan, media yang digunakan lebih praktis, dan kemudahan dalam proses perencanaan kegiatan, kemudian juga terdapat faktor penghambat seperti, masalah waktu yang cenderung berbenturan antara kegiatan OSIS dengan kegiatan sekolah, komunikasi antara pengurus OSIS, sulitnya pengawasan, dan kurangnya partisipasi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 24 Jan 2022 23:46
Last Modified: 24 Jan 2022 23:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18016

Actions (login required)

View Item View Item