EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Budaya Sinoman Hadrah di Angkatan Muda Sabilal Muhtadin (AMSM) Banjarmasin

Susanti, Ika (2022) Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Budaya Sinoman Hadrah di Angkatan Muda Sabilal Muhtadin (AMSM) Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (292kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (989kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Setelah adanya pandemic global Virus Corona, dunia akan memasuki fase New Normal. Termasuk Indonesia juga akan memasuki fase ini, dan tidak akan kembali ke fase atau situasi sebelum pandemic Virus Corona ini muncul. New Normal adalah perubahan prilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protocol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. Prinsip utama dari New Normal itu sendiri adalah dapat menyesuaikan dengan pola hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di era new normal secara dalam jaringan (daring) pada MIN 3, MIS Nurul Ulum dan MIS Al-Istiqamah Kota Banjarmasin. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam jaringan selama era new normal? Subjek penelitian ini adalah 9 guru Al-Qur’an Hadits, dan siswa sejumlah 18 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan). Sumber data primer meliputi kepala sekolah, guru Al-Qur’an Hadits, dan siswa sedangkan data skunder diperoleh melalui dokumen-dokumen terkait penelitian yang ada di sekolah. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumen. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data yang penulis gunakan adalah triangulasi sumber dalam penelitian Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di era New Normal secara daring di MIN 3, MIS Nurul Ulum dan MIS Al-Istiqamah Kota Banjarmasin. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perencanaan semua guru menyusun perencanaan yang terdiri dari Prota, Promes, Silabus dan RPP. Khususnya tentang RPP di era new normal ini dari 9 orang guru, 2 guru membuat RPP daring dan 7 guru lain menggunakan RPP yang ada di LKS. Guru menyiapkan bahan ajar berupa buku paket, dan LKS yang berisi soal-soal, membuat video pembelajaran. Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Era New Normal secara guru menggunakan 3 aplikasi Zoom, Whatsapp, dan Classroom. Metode pembelajarannya menggunakan metode ceramah dalam bentuk video. Pendekatan pembelajaran menggunakan daring, luring dan campuran. Kegiatan belajar mengajar yaitu meliputi kegiatan awal terdiri dari mengucapkan salam, motivasi, inti terdiri dari pengiriman video dan penugasan, dan penutup terdiri dari do’a dan salam. Dalam evaluasi proses pembelajaran dan hasil belajar, guru melakukan penilaian dengan continue juga adil, dilakukan dengan cara tes tertulis yang dikumpul melalui whatssapp atau Google Classroom. Guru lebih banyak mengukur ranah kognitif seperti mengerjakan tugas soal-soal pilihan ganda, esaai dari LKS atau dalam bentuk quizizz. Dalam ranah penilaian psikomotorik guru sebatas mengukur penilaian yang diambil dari hafalan surah-surah pendek, sedangkan penilaian ranah afektif guru melihat dari sikap, keaktifan dan ketepatan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 28 Jan 2022 06:33
Last Modified: 28 Jan 2022 06:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18131

Actions (login required)

View Item View Item