EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kajian Etnobotani Kelapa (Cocos nucifera L.) di Desa Sungai Kupang Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Fauzana, Nada (2022) Kajian Etnobotani Kelapa (Cocos nucifera L.) di Desa Sungai Kupang Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (247kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (752kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (657kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) cara pemanfaatan kelapa (Cocos nucifera L.) masyarakat Desa Sungai Kupang Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, (2) kajian etnobotani kelapa (Cocos nucifera L.) masyarakat Desa Sungai Kupang Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan (3) validitas buku saku yang dikembangkan berdasarkan kajian etnobotani kelapa (Cocos nucifera L.). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) berbasis kajian lapangan (penelitian lapangan), dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif-kuantitatif. Hasil penelitian lapangan dikembangkan menjadi produk buku saku. Sumber data adalah responden, informan, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian yaitu masyarakat Desa Sungai Kupang memanfaatkanbatang kelapa sebagai jembatan penghubung, tempat duduk, dan sayur umbut kelapa. Daun untuk membuat kulit ketupat, janur kuning, dan atap. Bunga untuk acara siraman, buah sebagai piduduk, sabut sebagai media tanam anggrek, tempurung sebagai bahan bakar, daging buah sebagai es kelapa dan kelapa parut, air kelapa sebagai obat, tunas sebagai hantaran.Kajian botani kelapa yaitu habitusnya pohon, periodisitas pirenial, dan akarnya serabut. Kajian etnofarmakologi, kelapa dimanfaatkan untuk pengobatan. Kajian etnoantropologi, masyarakat mempercayai kelapasebagai suatu keperluan saat acara adat. Kajian etnoekonomi, kelapa diperjualbelikan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian.Kajian etnolinguistik, tidak diketahui asal muasal nama kelapa karena nama kelapa sudah diketahuisecara turun temurun. Kajian etnoekologi, kelapa dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di Desa Sungai Kupang karena faktor lingkungan yang mendukung. Hasil akhir persentase uji validitas ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa validitas buku saku secara keseluruhan mencapai persentase 83,595% dengan kategori valid.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nur Ridha Lukmana
Date Deposited: 02 Feb 2022 01:21
Last Modified: 02 Feb 2022 01:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18217

Actions (login required)

View Item View Item