EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendapat Hakim Pengadilan Agama Kapuas tentang Adanya Iwaḍ dan Fungsinya terhadap Taklik Talak (Studi di Pengadilan Agama Kota Kapuas)

Amin, Muhammad (2022) Pendapat Hakim Pengadilan Agama Kapuas tentang Adanya Iwaḍ dan Fungsinya terhadap Taklik Talak (Studi di Pengadilan Agama Kota Kapuas). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (882kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (684kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Iwaḍ taklik talak merupakan tebusan istri kepada suami atas terlanggarnya sighat taklik oleh suami. Iwaḍ tersebut ditentukan jumlahnya oleh pemerintah dengan besaran Rp. 10.000,00. Salah satu hakim Pengadilan Agama Kapuas berpandangan bahwa Iwaḍ taklik talak ini kurang relevan, mengingat ada perbedaan antara taklik talak yang ada pada fikih dengan taklik talak pada hukum perkawinan di Indonesia. Hal tersebut menjadi daya tarik penelitian untuk menilai Iwaḍ dan fungsinya pada taklik talak menurut pandanga hakim Pengadilan Agama Kapuas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat serta alasan dan dasar hakim Pengadilan Agama Kapuas tentang adanya Iwaḍ dan fungsinya terhadap taklik talak. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris. Subjek penelitian adalah tiga orang hakim Pengadilan Agama Kapuas dengan objek penelitian ialah pendapatnya terkait adanya Iwaḍ dan fungsinya terhadap taklik talak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Data kemudian dikumpulkan diedit dan disistematiasi serta dianalisi menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pendapat para informan terkait Iwaḍ taklik talak adalah sama, akan tetapi ada perbedaan pendapat terkait dengan relevansi Iwaḍ tersebut. Informan pertama berpendapat bahwa Iwaḍ taklik talak kurang relevan, informan kedua berpendaat tidak relevan, dan informan ketiga berpendapat masih relevan akan tetapi perlu penyesuaian. Jika menganalisis bahwa informan pertama memiliki pendapat Iwaḍ taklik talak kurang relevan dengan dasar ketentuan fikih yang berbeda, akan tetapi jika menilai aspek maslahat dan merupakan ketentuan pemerintah maka Iwaḍ tersebut dapat sesuai. Informan kedua berpendapat bahwa Iwaḍ taklik talak kurang relevan karena ketentuan dan fungsinya berbeda dengan khulu, dasar pendapat beliau ialah ketentuan talak dan Iwaḍ dalam fikih yang berbeda dengan ketentuan di Indonesia. Informan ketiga berpendapat bahwa Iwaḍ taklik talak sudah relevan hanya saja nominalnya perlu penyesuaian dengan kondisi perekonomian sekarang. Dasar pendapat ini menilai aspek maslahat dan bentuk Iwaḍ pada taklik talak dapat memenuhi hak-hak istri yang kemudian Iwaḍ tersebut bermanfaat untuk pembangunan ibadah sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2022 01:16
Last Modified: 02 Feb 2022 01:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18223

Actions (login required)

View Item View Item