EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGUASAAN LAHAN MENURUT PANDANGAN MAZHAB HANAFI DAN MAZHAB SYAFI’I SERTA RELEVANSINYA DENGAN REGULASI DI INDONESIA

Halisa, Sofa (2022) PENGUASAAN LAHAN MENURUT PANDANGAN MAZHAB HANAFI DAN MAZHAB SYAFI’I SERTA RELEVANSINYA DENGAN REGULASI DI INDONESIA. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (27kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (734kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (707kB)

ABSTRAK

Salah satu problematika lahan disebabkan oleh adanya tanah telantar yang belum atau tidak jelas status kepemilikannya. Ditinjau dari status hukumnya di dalam Islam tanah ini dapat dimiliki melalui proses iḥyāul mawāt. Konsep iḥyāul mawāt dalam Islam memiliki corak tersendiri dalam pandangan mazhab Hanafi dan mazhab Syafi’i, baik dari sisi subjek, persyaratan, izin pemerintah, dan status lahan kepemilikan yang ditelantarkan. Sedangkan dalam regulasi Indonesia, lahan ini pada dasarnya merupakan lahan yang dikuasai oleh negara berdasarkan pasal 2 ayat 1 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2021, namun lahan ini dapat menjadi kepemilikan dengan cara dihidupkan berdasarkan ketetapan pemerintah dan undang-undang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep penguasaan lahan melalui iḥyāul mawāt berdasarkan pandangan mazhab Hanafi dan mazhab Syafi’i serta relevansinya dengan regulasi Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan ialah library research (penelitian kepustakaan) atau penelitian normatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sisi subjek mazhab Hanafi memberlakukan iḥyāul mawāt pada semua orang tanpa membedakan muslim maupun non-muslim, sedangkan mazhab Syafi’i hanya memfokuskan pada orang�orang Islam saja. Ditilik dari persyaratan, mazhab Hanafi menyaratkan objek penguasaan lahan tidak sedang dalam kepemilikan, di luar wilayah dan tidak menjadi prasarana, sedangkan mazhab Syafi’i menyaratkan status muslim dari subjeknya dan ketiadaan kepemilikan atas objeknya. Dari sisi perizinan, mazhab Hanafi mewajibkan adanya izin, sedangkan mazhab Syafi’i tidak mewajibkan adanya izin. Adapun mengenai status kepemilikan tanah yang ditelantarkan mazhab Hanafi berpendapat bahwa tanah tersebut dapat dikelola, sedangkan dari mazhab Syafi’i menegaskan bahwa tanah tersebut tidak dapat dikelola. Pendapat mazhab Hanafi dengan regulasi Indonesia dari sisi subjek, persyaratan, izin, dan status tanah kepemilikan yan ditelantarkan memiliki kesamaan yang mendominasi, sedangkan dari mazhab Syafi’i hanya dari sisi status kepemilikan tanah yang ditelantarkan yang relevan untuk diaktualisasikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:52
Last Modified: 03 Feb 2022 03:52
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18237

Actions (login required)

View Item View Item