EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGARUH SELF AWARENESS TERHADAP PERILAKU MENYONTEK MAHASISWA PSIKOLOGI ISLAM UIN ANTASARI BANJARMASIN

Helawati, Rifqa (2022) PENGARUH SELF AWARENESS TERHADAP PERILAKU MENYONTEK MAHASISWA PSIKOLOGI ISLAM UIN ANTASARI BANJARMASIN. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (376kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (873kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Perilaku menyontek adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh peserta didik dalam memanipulasi dengan cara membuat atau membawa catatan kecil, berdiskusi dengan teman saat ujian untuk mendapat informasi ataupun bertindak sebagai pemberi informasi. Adanya perilaku menyontek diantara peserta didik menunjukkan belum tercapainya tujuan ranah efektif. Maka dari itu, dibutuhkan pengkajian perilaku yang lebih dalam dan detail lagi, langkah permulaan yang dapat diambil bisa dengan memiliki kesadaran (awareness) yang baik. Self�awareness dipandang penting sebagai penguatan terhadap pencapaian ranah afektif atau sikap demi kesempurnaan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh self awareness terhadap perilaku menyontek mahasiswa Psikologi Islam UIN Antasari Banjarmasin. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ialah seluruh mahasiswa aktif Psikologi Islam UIN Antasari Banjarmasin yang berjumlah 565 Orang. Teknik yang akan dipakai pada penelitian ini ialah sampel acak sederhana. Sampel yang diambil oleh peneliti berjumlah 80 orang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Tingkat self awareness mahasiswa Psikologi Islam mayoritas pada kategori tinggi sebanyak 36 orang (45%); 2) Tingkat perilaku menyontek mahasiswa Psikologi Islam mayoritas pada kategori rendah sebanyak 33 orang (41,25%); 3) Ada pengaruh yang signifikan antara self awareness terhadap perilaku menyontek mahasiswa Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Antasari Banjarmasin dengan nilai koefisien regresi yaitu -0,796 dan taraf signifikan p = 0,000 (p < 0,05) serta sumbangan efektif sebesar 31,4%. Hubungan negatif antara self awareness dan perilaku menyontek memiliki arti bahwa semakin tinggi self awareness seorang mahasiswa maka tingkat perilaku menyonteknya cenderung rendah demikian pula sebaliknya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:42
Last Modified: 03 Feb 2022 06:42
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18254

Actions (login required)

View Item View Item