EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ICARE (INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTENTION) PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN KELAS IX MTsN 6 BARITO KUALA.

WINARTI, WINARTI (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ICARE (INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTENTION) PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN KELAS IX MTsN 6 BARITO KUALA. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN - Winarti.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Awal - Winarti.pdf

Download (440kB)
[img] Text
ABSTRAK - Winarti.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB 1 - Winarti.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II- Winarti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
BAB III - Winarti.pdf

Download (375kB)
[img] Text
Bab IV - Winarti.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V - Winarti.pdf

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Winarti.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Lampiran - Winarti.pdf

Download (21MB)

ABSTRAK

Skripsi ini membahas tentang pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflexsion And Extension). Modul pembelajaran ini dibuat atas dasar permasalahan yang terjadi pada objek dan tempat penelitian yaitu siswa di MTsN 6 barito kuala. Hal ini dilihat dari latar belakang siswa yang masih kurang dalam memahami pembelajaran yang disebabkan karena pembelajaran masih bersifat konvensional, siswa terdapat kendala dalam hal pemahaman konsep matematika pada materi kesebangunan dan kekongruenan,.keterbatasan bahan ajar yang disediakan oleh sekolah cukup minim, sehingga menyebaban hasil belajar dan aktivitas belajar siswa menurun. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa modul pembelajaran untuk siswa kelas IX pada materi kesebangunan dan kekongruenan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, angket respon guru, angket respon siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Metode penelitian ini adalah Researsh and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, studi pustaka, dokumentasi, angket. Hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh bahwa (1) Hasil validasi modul ahli materi dengan rata-rata keseluruhan 4,1 kategori “valid”, validasi modul ahli media dengan rata-rata keseluruhan 4,7 katagori “sangat valid” (2) Praktis dengan persentase keseluruhan respon siswa 81,85% kategori “sangat baik”, rata-rata respon guru 82,5% kategori “sangat baik”. (3) Efektif dengan persentase aktivitas siswa keseluruhan 80,25% kategori sangat baik, rata-rata kemampuan guru mengelola pembelajaran keseluruhan 4,4 dengan kategori “sangat baik” dan persentase rata-rata tes hasil belajar siswa keseluruhan 77% katagori “efektif”. Dapat disimpulkan bahwa tahap uji coba yang dilaksanakan menggunakan modul pembelajaran matematika berbasis ICARE pada materi kesebangunan dan kekongruenan pada siswa kelas IX MTsN 6 Barito Kuala telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 10 Feb 2022 00:53
Last Modified: 10 Feb 2022 00:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18363

Actions (login required)

View Item View Item