EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan Website Pembelajaran Fisika Berbasis Feynman Technique pada Materi Listrik Dinamis

Zakaria, Al (2022) Pengembangan Website Pembelajaran Fisika Berbasis Feynman Technique pada Materi Listrik Dinamis. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (29kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (442kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (133kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kata Kunci: feynman technique, listrik dinamis, website Fisika tergolong merupakan mata pelajaran yang sulit, sehingga guru harus bisa memilih media pembelajaran yang tepat agar proses belajar mengajar berjalan efektif. Materi listrik dinamis bersifat abstrak sehingga diperlukan pembelajaran yang efektif menggunakan video dan eksperimen baik secara virtual maupun langsung dengan metode belajar yang tepat.Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran fisika berbasis feynman technique pada materi listrik dinamis. Tujuan secara khusus adalah; (1) Mengembangkan website pembelajaran Fisika berbasis Feynman Technique; (2) Mengetahui tingkat kelayakan website pembelajaran Fisika berbasis Feynman Technique; dan (3) Mengetahui respon pengguna (guru dan peserta didik) terhadap website pembelajaran Fisika berbasis Feynman Technique. Jenis penelitian ini adalah pengembangan, yaitu jenis penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan produk dan memvalidasi suatu produk. Penelitian ini berlokasi di MA Raudhatusysyubban pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Model peneitian yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari; (Analyze) menganalisis, (Design) desain, (Development) mengembangkan, (Implementation) implementasi dan (Evaluation) evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari validator ahli dan siswa. Pengumpulan data menggunakan angket. Data dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan penelitian pengembangan yang dilakukan (1) rancang bangun website pembelajaran fisika berbasis feynman technique memberikan fitur ‘Lets Study’, ‘Lets Discuss’ dan ‘evaluasi’ dalam menghadirkan feynman technique pada proses belajar materi listrik dinamis, (2) Validasi materi mendapatkan nilai 182 (sangat valid) dan validasi media mendapat nilai 125 (sangat valid), (3) respon siswa terhadap website pembelajaran fisika berbasis feynman technique mendapakan nilai 157,4 (sangat layak). Sehingga dapat disimpulkan bahwa website pembelajaran fisika berbasis feynman technique pada materi listrik dinamis sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wahidah Wahidah Wahidah
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:30
Last Modified: 21 Feb 2022 07:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18551

Actions (login required)

View Item View Item