EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN STRATEGI TAMAN PENDIDIKAN ALQURAN JAMI’ATUS SHIBIYAN KECAMATAN KUSAN HULU TANAH BUMBU

Zulkipli, Zulkipli (2022) MANAJEMEN STRATEGI TAMAN PENDIDIKAN ALQURAN JAMI’ATUS SHIBIYAN KECAMATAN KUSAN HULU TANAH BUMBU. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (332kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Skripsi ini berjudul Manajemen Strategi Taman Pendidikan Alquran Jami’atus Shibiyan Kecamatan Kusan Hulu, Tanah Bumbu. Skripsi ini disusun dengan latar belakang ketertarikan penulis terhadap manajemen strategi dalam memenuhi finansial TPA yang berpengaruh terhadap honor guru pengajar dan pendanaan operasional pada Taman Pendidikan Alquran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem manajemen strategi dalam memenuhi kebutuhan finansial Taman Pendidikan Alquran serta faktor yang menjadi penunjang dan penghambat strategi dalam memenuhi finansial. Penelitian ini berlokasi di Desa Binawara, Kecamatan Kusan Hulu, Kabupaten Tanah Bumbu, dengan subjek seorang kepala pengurus TPA, dan objeknya terkait dengan manajemen strategi pemenuhan finansial. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang terjun langsung ke lapangan (Field research) dengan pendekatan deskriptif. Untuk memperoleh data maka penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Kemudian data tersebut diolah melalui teknik analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategi pemenuhan finansial Taman Pendidikan Alquran masih kurang karena tidak memiliki strategi khusus, hal ini ditinjau dari strategi crowdfunding fundraising. Bahwa dari aspek tersebut yaitu pada proses pendanaan yang dinilai masih kurang baik berdasarkan hasil wawancara kepada informan kepala pengurus TPA Jami’atus Shibiyan maupun tenaga guru pengajar. Adapun faktor pendukung di TPA Jami’atus Shibiyan Kecamatan Kusan Hulu adalah, dana dari pemerintah desa, donatur tetap, dan masyarakat sekitar yang berperan penting dalam hal pemberian dana serta memeberikan masukan dan saran terhadap TPA. Kemudian faktor yang menjadi penghambat di TPA Jami’atus Shibiyan Kecamatan Kusan Hulu. Pertama, mekanisme pencairan pendanaan dari pemerintah yang lambat masuk. Kedua, keterbatasan skill SDM yang dimiliki TPA Jamii’atus Shibiyan Kecamatan Kusan Hulu. Saran yang ingin disampaikan penulis dalam skripsi ini ialah: hendaknya pemerintah agar lebih memperhatikan pada lembaga ini, serta untuk pihak pengelola TPA agar dapat menerima masukan-masukan dari luar yang sifatnya membangun, seperti membuat tim-tim khusus, program khusus pengumpulan dana, dan juga strategi-strategi yang lebih khusus.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 25 Feb 2022 04:20
Last Modified: 25 Feb 2022 04:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18614

Actions (login required)

View Item View Item