EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

STUDI KASUS PEMBAGIAN WARISAN MASYARAKAT ADAT SUKU BAJO DI KABUPATEN KOTABARU

Pahleppy, Muhamad Jerry (2022) STUDI KASUS PEMBAGIAN WARISAN MASYARAKAT ADAT SUKU BAJO DI KABUPATEN KOTABARU. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (449kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini di latar belakangi oleh masyarakat Suku Bajo di Kabupaten Kotabaru yang menggunakan sistem parental atau bilateral, yaitu sistem yang menarik garis keturunan dari dua sisi, baik dari pihak ayah maupun pihak ibu. Di dalam sistem ini kedudukan anak laki-laki dan perempuan dalam hukum waris sama dan sejajar. Artinya baik anak laki-laki maupun anak perempuan merupakan ahli waris dari harta peninggalan orang tua mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hukum tentang pembagian waris Suku Bajo di Kabupaten Kotabaru dan juga alasan pembagian waris secara adat Suku Bajo di Kabupaten Kotabaru. Jenis penelitian ini ialah penelitian hukum empiris dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ialah informan dengan pembahasan mengenai pembagian waris adat Suku Bajo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan juga dokumentasi. Data yang didapat kemudian diolah dengan cara editing, klasifikasi, dan verifikasi. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembagian waris di Desa Rampa, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru berdasarkan hukum adat dilakukan karena warga Desa Rampa tidak membeda-bedakan hak antara ahli waris laki-laki dan perempuan, dimana ahli waris dibagi sama rata atau sesuai kesepakatan. Hal menarik ialah sebelum pembagian waris didahului dengan kegiatan berkurban. Jika ditinjau pembagian waris ini nampak kurang bersesuaian dengan ketentuan hukum waris Islam sebagaimana Q.S. An-Nisa/4: 11 dan 12. Khususnya kegiatan berkurban yang pada dasarnya justru mengurangi bagian dari harta waris. Kemudian alasan pembagian waris adat ini karena kurangnya pengetahuan akan hukum waris Islam, adanya sikap kekeluargaan yang tinggi, dan dikhawatirkan adanya perselisihan ketika ada dua hukum yang mengatur.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 28 Mar 2022 07:00
Last Modified: 28 Mar 2022 07:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18913

Actions (login required)

View Item View Item