EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM PEMBELAJARAN ALQURAN SISWA KELAS VI DI SDIT NURUL FIKRI BANJARMASIN

Innayah, Nor (2022) IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM PEMBELAJARAN ALQURAN SISWA KELAS VI DI SDIT NURUL FIKRI BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (379kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (931kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (741kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Lahirnya metode wafa dikarenakan ingin mewujudkan pembelajaran Alquran yang komprehensif dan menyenangkan. Metode wafa merupakan metode yang membangun sikap dan mengasah keterampilan bagi para guru, tentang bagaimana mengajarkan Alquran dengan mudah, menyenangkan, dan menyentuh hati. Selain itu, metode wafa membekali para guru Alquran untuk membangun sikap positif dan disiplin pada siswa. Metode wafa sangat menekankan pada pembelajaran yang berlatar belakangkan menggunakan otak kanan. Model pembelajaran menggunakan sistem Quantum Teaching melalui TANDUR yang merupakan akronim dari Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan. Sehingga mempelajari Alquran menjadi mudah dan menyenangkan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana cara guru menerapkan metode wafa untuk meningkatkan kemampuan belajar Alquran di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif (field research). Adapun subjek penelitian ini adalah 8 orang guru Alquran dan 10 orang siswa SDIT Nurul Fikri Banjarmasin. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dilapangan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan penyajian data, analisis data, kesimpulan dan saran. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode wafa dapat meningkatkan kemampuan belajar Alquran siswa kelas VI di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin. Adapun faktor yang mendukung antara lain, media pembelajaran yang menunjang, dukungan penuh dari sekolah dan evaluasi bukan hanya dari peserta didik tetapi juga dilakukan oleh kelompok guru Alquran. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain, peserta didik yang belum bisa membaca Alquran dan yang masih memiliki kesulitan dalam membaca Alquran dan juga tidak selarasnya tujuan di sekolah dan di rumah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 31 Mar 2022 00:36
Last Modified: 31 Mar 2022 00:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18930

Actions (login required)

View Item View Item