EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

CITRA PEREMPUAN BERHIJAB DALAM IKLAN SHAMPO DI MEDIA TELEVISI (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE)

Irliana, Irliana (2022) CITRA PEREMPUAN BERHIJAB DALAM IKLAN SHAMPO DI MEDIA TELEVISI (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (203kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (878kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (87kB)

ABSTRAK

Penelitian yang berjudul “Citra Perempuan Berhijab dalam Iklan Shampo di Media Televisi (Studi Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce) ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi informasi yang mempunyai pengaruh besar dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Salah satu kemajuan teknologi informasi adalah media televisi. Untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, televisi menghadirkan berbagai program acara, salah satunya adalah program iklan. Program iklan yang dibuat oleh produsen iklan saat ini, khususnya iklan shampo banyak menampilkan citra perempuan yang mengenakan hijab dan pakaian yang menutup aura t. Iklan-iklan yang menampilkan perempuan berhijab adalah iklan shampo Sunsilk Hijab Recharge dan shampo Sariayu Hijab Care Series. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen dan riset kepustakaan, serta sumber data diperoleh dari video iklan shampo Sunsilk Hijab Recharge versi Carla Rizki dan iklan shampo Sariayu Hijab Care Series versi Bebas Berhijab. Metode analisis data menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Pierce yang terdiri dari tiga elemen utama, yaitu sign (tanda), objek dan interpretant. Hasil dari penelitian ini adalah citra perempuan berhijab yang ditampilkan pada iklan shampo Sunsilk Hijab Recharge dan iklan shampo Sariayu Hijab Care Series yang ditandai dengan aktivitas sehari-hari dan ditandai dengan ekspresi serta bahasa tubuh adalah citra perempuan berhijab yang aktif, citra perempuan berhijab yang ceria, dan citra perempuan berhijab yang modern (mudah bergaul). Makna yang terkandung pada kedua iklan tersebut adalah perempuan yang taat kepada perintah agama, rasa semangat, keceriaan dan kekompakkan dalam melakukan segala aktivitas merupakan suatu peranan yang penting dalam menunjang keberhasilan, Serta hubungan tali silaturrahmi menjadi semakin erat dan kokoh.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Apr 2022 07:38
Last Modified: 01 Apr 2022 07:38
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18945

Actions (login required)

View Item View Item