EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KEWARISAN ADAT DAYAK NGAJU KALIMANTAN TENGAH (DIALEKTIKA HUKUM ISLAM, HUKUM ADAT DAN KUH PERDATA)

Syaikhu, Syaikhu (2022) KEWARISAN ADAT DAYAK NGAJU KALIMANTAN TENGAH (DIALEKTIKA HUKUM ISLAM, HUKUM ADAT DAN KUH PERDATA). Disertasi, Pascasarjana.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_Syaikhu.pdf

Download (124kB)
[img] Text
2. AWAL_Syaikhu.pdf

Download (538kB)
[img] Text
3. ABSTRAK_Syaikhu.pdf

Download (94kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN_Syaikhu.pdf

Download (776kB)
[img] Text
5. BAB II KAJIAN PUSTAKA_Syaikhu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN_Syaikhu.pdf

Download (95kB)
[img] Text
7. BAB IV PAPARAN DATA DAN PEMBAHASAN_Syaikhu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
8. BAB V PENUTUP_Syaikhu.pdf

Download (142kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_Syaikhu.pdf

Download (113kB)
[img] Text
10. DAFTAR RIWAYAT HIDUP_Syaikhu.pdf

Download (18kB)

ABSTRAK

Kewarisan adat Dayak Ngaju menetapkan pembagian ahli waris berdasarkan konsensus sebagaimana kepatuhan mereka terhadap hukum adat Tumbang Anoi 1894. Terjadi dialektika hukum kewarisan adat Dayak Ngaju karena adanya pertentangan sistem hukum, berlanjut dengan upaya mengambil konsep yang paling ideal, menjadikan falsafah huma betang dan belom bahadat sebagai dasar bagi penyatuan ketiga sistem hukum yang berbeda. Fokus dalam penelitian ini mengkaji bagaimana kewarisan adat Dayak Ngaju dan bagaimana dialektika hukum Islam, hukum adat dan hukum perdata. Penelitian disertasi ini adalah penelitian yuridis-empiris juga disebut sosio legal research atau jenis penelitian hukum sosiologis yaitu penelitian secara lapangan, yang mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta telah terjadi di masyarakat. Peneliti mengambil data primer dengan data”sekunder dan bahan hukum lainnya. Penelitian ini penelitian kualitatif deskriftif, dengan pendekatan yuridis-sosiologis, antoprologis-filosofis, yang menjadi sumber data adalah tindakan dari masyarakat dan tokok adat Dayak Ngaju yang berkaitan dengan masalah objek penelitian. Subjeknya adalah masyarakat adat Dayak Ngaju yang terlibat secara langsung atau tidak langsung dengan pembagian kewarisan serta tokoh dan pemangku adat Dayak Ngaju Kalimantan Tengah. Penelitian ini menemukan kewarisan adat Dayak Ngaju tidak ada standar normatif, yang ada hanya adalah fakta empirik atau bersifat faktual. Tata cara itu pertama, hukum yang dipakai mendekat kepada hukum perdata, tidak membedakan jenis kelamin dan perbedaan agama, kedua,setiap orang yang merupakan keluarga itu mendapatkan harta warisan dengan bagian sama. Terjadi dialektika hukum dalam kewarisan Dayak Ngaju, secara perdata menghilangkan jenis kelamin dan perbedaan agama, tetapi dialektika yang kedua yaitu hibah, landasan pembagiannya kompromi ujung terakhirnya toleransi kesepakatan. Hasil temuan yakni teori eklektisisme hukum kewarisan adat Dayak Ngaju. Arti dasarnya adalah menggabungkan unsur-unsur sama dan mengurai unsur-unsur yang berbeda. Temuan teori eklektisisme hukum kewarisan adat Dayak Ngaju berdasarkan dari sebuah resepsi secara logika masyarakat adat Dayak Ngaju dengan sistem kewarisan hukum perdata yang berinduk pada KUH Perdata/BW, dan didalam tata cara pembagiannya adalah levelnya termasuk dengan subtansi pemahaman kepada hibah. Temuan teori eklektisisme sebagai alat pembedahnya, setelah dibedah maka ada memperlihatkan pluralisme hukum, dimana dikatakan pluralisme hukum ini sebagai kacamata teori dialektika. Maka kajian disertasi ini bukan kajian konsep, melainkan kajian faktual melahirkan konsep . Temuan teori ini, dipakai oleh masyarakat adat Dayak Ngaju dengan semangat islah dan maslahat mursalah.

Item Type: Disertasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Apr 2022 00:20
Last Modified: 12 Apr 2022 00:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19009

Actions (login required)

View Item View Item